Sabtu, 15 Januari 2011

Daftar Kontradiksi Qur’an

Sumber http://indonesia.faithfreedom.org/forum/daftar-kontradiksi-qur-an-t30528/

BAGIAN I

by Abul Kasem
05 Jan, 2009

Pendahuluan

Tulisan ini adalah kumpulan ayat² yang bertentangan (kontradiksi) arti dalam kitab suci Islam yakni Qur’an. Muslim menganggap Qur’an sebagai kata² Allâh yang tanpa cela, bebas dari segala hal yang bertentangan makna, arti yang membingungkan, kesalahan, dan segala hal yang tak masuk akal. Kumpulan data di tulisan ini akan menunjukkan bahwa selain jauh dari sempurna, bebas dari kesalahan dan kekacauan, Qur’an juga mengandung ratusan pernyataan yang saling bertentangan. Jumlahnya begitu banyak sehingga akan membuat pembaca kritis Qur’an terkejut. Sungguh sukar dipercaya bahwa Allâh yang katanya maha sempurna, maha kuasa, maha tahu, dan maha besar ternyata begitu cacat mental sehingga mampu membuat begitu banyak kontradiksi.

Ayat² Qur’an diambil dari terjemahan bahasa Inggris yang ditulis oleh Yusuf Ali, Picthal, and Shakir, atau terjemahan oleh Hilali and Khan dan juga Qur’an bahasa Indonesia dari Kerajaan Saudi Arabia (http://quran.al-islam.com/ind/).

Banyak kontradiksi ayat² Qur’an yang diulang-ulang; karena sifat pengulangan keterangan yang sarat dalam Qur’an. Bahkan satu ayat Qur’an saja bisa mengandung beberapa kontradiksi.

Mohon dipahami bahwa data kontradiksi ini bukan untuk mengungkapkan kesalahan, kekonyolan dan irasionalitas Qur’an dalam berbagai hal seperti sains, matematika, astronomi, sejarah, embriologi, geologi, dan kosmologi. Semua hal tersebut merupakan topik yang sangat luas dan dibutuhkan penyelidikan lain untuk membahas hal tersebut satu per satu.

Daftar ini tidak sempurna karena kemungkinan masih banyak kontradiksi ayat² Qur’an lainnya yang belum disebut. Penulis akan menghargai masukan dari pembaca tentang kontradiksi ayat Qur’an lainnya yang belum termasuk dalam seri tulisan ini. Penulis akan memasukkan data baru tersebut agar seri tulisan ini semakin lengkap.


Sura 2: al-Baqara (Sang Sapi)

Q 2:21 menyatakan Allâh menciptakan manusia agar menyembahNya.
Q 2:21
Hai manusia, sembahlah Tuhanmu Yang telah menciptakanmu dan orang-orang yang sebelummu, agar kamu bertakwa.

Kontradiksi:
Q 3:97, 35:15 mengatakan Allâh tidak butuh manusia atau jin; Dia tidak butuh apapun.
Q 3:97
Padanya terdapat tanda-tanda yang nyata, (di antaranya) maqam Ibrahim; barang siapa memasukinya (Baitullah itu) menjadi amanlah dia; mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allâh, yaitu (bagi) orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke Baitullah; Barang siapa mengingkari (kewajiban haji), maka sesungguhnya Allâh Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) dari semesta alam.

Q 35:15
Hai manusia, kamulah yang berkehendak kepada Allâh; dan Allâh Dia-lah Yang Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) lagi Maha Terpuji.
--------------------

Q 2:29 menyatakan Allâh pertama-tama membuat bumi, lagi tujuh tingkat surga; Dia maha tahu akan segalanya.
Q 2:29
Dia-lah Allâh, yang menjadikan segala yang ada di bumi untuk kamu dan Dia berkehendak menuju langit, lalu dijadikan-Nya tujuh langit. Dan Dia Maha Mengetahui segala sesuatu.
Keterangan dari tafsir Qur’an oleh ibn Kathir menjelaskan bahwa ayat ini menyatakan Allâh memulai proses penciptaan dengan membuat bumi, dan lalu dia membuat surga dan membaginya dalam tujuh tingkat surga. Beginilah proses pembuatan dimulai, dari lantai terbawah sampai teratas.


Kontradiksi:
Q 79:27-30 menyatakan Allâh terlebih dahulu menciptakan langit.
Q 7:27-30
Apakah kamu yang lebih sulit penciptaannya ataukah langit? Allâh telah membangunnya,
Dia meninggikan bangunannya lalu menyempurnakannya,
dan Dia menjadikan malamnya gelap gulita dan menjadikan siangnya terang benderang.
Dan bumi sesudah itu dihamparkan-Nya.

-------------------

Q 2:34 menyatakan semua malaikat berujud pada Adam, kecuali Iblis yang takabur dan kafir.
Q 2:34
Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para malaikat: "Sujudlah kamu kepada Adam," maka sujudlah mereka kecuali Iblis; ia enggan dan takabur dan adalah ia termasuk golongan orang-orang yang kafir.

Kontradiksi:
Q 16:49 menyatakan setiap makhluk di surga dan bumi hanya bersujud pada Allâh saja.
Q 16:49
Dan kepada Allâh sajalah bersujud segala apa yang berada di langit dan semua makhluk yang melata di bumi dan (juga) para malaikat, sedang mereka (malaikat) tidak menyombongkan diri.
-----------------

Q 2:35 melarang Adam dan istrinya memakan buah pohon pengetahuan.
Q 2:35
Dan Kami berfirman: "Hai Adam diamilah oleh kamu dan istrimu surga ini, dan makanlah makanan-makanannya yang banyak lagi baik di mana saja yang kamu sukai, dan janganlah kamu dekati pohon ini, yang menyebabkan kamu termasuk orang-orang yang lalim.
Ibn Kathir: Allâh bicara langsung pada Adam.

Kontradiksi:
Q 42:51 menyatakan Allâh tidak pernah bicara langsung pada manusia; Dia bicara dari balik tirai atau melalui utusanNya.
Q 42:51
Dan tidak ada bagi seorang manusia pun bahwa Allâh berkata-kata dengan dia kecuali dengan perantaraan wahyu atau di belakang tabir atau dengan mengutus seorang utusan (malaikat) lalu diwahyukan kepadanya dengan seizin-Nya apa yang Dia kehendaki. Sesungguhnya Dia Maha Tinggi lagi Maha Bijaksana.
-----------------

Q 2:37 menyatakan Adam menerima firman dari Allâh, dan Allâh menerima tobatnya dan ini menjelaskan bahwa Adamlah Muslim yang pertama.
Q 2:37
Kemudian Adam menerima beberapa kalimat dari Tuhannya, maka Allâh menerima tobatnya. Sesungguhnya Allâh Maha Penerima tobat lagi Maha Penyayang.

Kontradiksi:
Q 2:131 menyatakan bahwa Ibrahim adalah Muslim yang pertama (tafsir Ibn Kathir menjelaskan Allâh memerintahkan manusia untuk memeluk agama Ibrahim, bahwa Islam adalah agama yang dipeluk Ibrahim dan dilanjutkan pada anak²nya)
Q 2:131
Ketika Tuhannya berfirman kepadanya: "Tunduk patuhlah!" Ibrahim menjawab: "Aku tunduk patuh kepada Tuhan semesta alam".

Kontradiksi:
Q 6:14 menyatakan Muhammad adalah Muslim yang pertama.
(…"Sesungguhnya aku diperintah supaya aku menjadi orang yang pertama sekali menyerah diri (kepada Allâh), dan jangan sekali-kali kamu masuk golongan orang-orang musyrik.")

Kontradiksi:
Q 7:143 menyatakan Musa adalah Muslim yang pertama.
( …Maha Suci Engkau, aku bertobat kepada Engkau dan aku orang yang pertama-tama beriman.)

Kontradiksi:
Q 26:51 menyatakan beberapa orang Mesir adalah Muslim yang pertama.
(…sesungguhnya kami amat menginginkan bahwa Tuhan kami akan mengampuni kesalahan kami, karena kami adalah orang-orang yang pertama-tama beriman.)
-----------------

Q 2:38: Allâh memerintahkan Adam dan istrinya turun ke bumi, untuk menyampaikan firman Allâh pada orang² di bumi.
Q 2:38
Kami berfirman: "Turunlah kamu semua dari surga itu! Kemudian jika datang petunjuk-Ku kepadamu, maka barang siapa yang mengikuti petunjuk-Ku, niscaya tidak ada kekhawatiran atas mereka, dan tidak (pula) mereka bersedih hati".

Kontradiksi:
Q 20:123 menyatakan bahwa sebelum mengirim Adam ke bumi, Allâh menyatakan padanya bahwa orang² di bumi akan menjadi musuh terhadap orang lainnya. Ini berarti sudah ada orang di bumi sebelum Adam turun ke bumi. Dengan begitu Adam bukanlah manusia pertama yang diciptakan Allâh. (Adadeh: wekekekek…)
Q 20:123
Allâh berfirman: "Turunlah kamu berdua dari surga bersama-sama, sebagian kamu menjadi musuh bagi sebagian yang lain. Maka jika datang kepadamu petunjuk daripada-Ku, lalu barang siapa yang mengikut petunjuk-Ku, ia tidak akan sesat dan tidak akan celaka.
-----------------

Q 2:47 Allâh memberkati bangsa Israel lebih daripada Muslim lainnya; Dia memilih bangsa Israel diantara segala makhluk lain.
Q 2:47
Hai Bani Israel, ingatlah akan nikmat-Ku yang telah Aku anugerahkan kepadamu dan (ingatlah pula) bahwasanya Aku telah melebihkan kamu atas segala umat.

Kontradiksi:
Q 3:33-34 menyatakan Allâh lebih memilih Adam, Nuh, rumah Ibrahim, dan rumah Imran di atas segala umat lain.
Q 3:33-34
Sesungguhnya Allâh telah memilih Adam, Nuh, keluarga Ibrahim dan keluarga Imran melebihi segala umat (di masa mereka masing-masing),
(sebagai) satu keturunan yang sebagiannya (keturunan) dari yang lain. Dan Allâh Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

-----------------

Q 2:50 menyatakan bahwa Allâh membelah laut Merah; menyelamatkan bani Israel (masyarakatnya Musa) dan telah menenggelamkan Firaun di hadapan bani Israel.
Q 2:50
Dan (ingatlah), ketika Kami belah laut untukmu, lalu Kami selamatkan kamu dan Kami tenggelamkan (Firaun) dan pengikut-pengikutnya sedang kamu sendiri menyaksikan.

Kontradiksi:
Q 10:90 menyatakan Firaun memeluk Islam.
(Firaun itu telah hampir tenggelam berkatalah dia: "Saya percaya bahwa tidak ada Tuhan melainkan Tuhan yang dipercayai oleh Bani Israel, dan saya termasuk orang-orang yang berserah diri (kepada Allâh)".)

Kontradiksi:
Q 10:92 menyatakan Allâh menyelamatkan Firaun.
(Maka pada hari ini Kami selamatkan badanmu supaya kamu dapat menjadi pelajaran bagi orang-orang yang datang sesudahmu dan sesungguhnya kebanyakan dari manusia lengah dari tanda-tanda kekuasaan Kami.)
-----------------

Q 2:51 menyatakan ketika Allâh memberi Taurat pada Musa setelah 40 malam.
Q 2:51
Dan (ingatlah), ketika Kami berjanji kepada Musa (memberikan Taurat, sesudah) empat puluh malam, lalu kamu menjadikan anak lembu (sembahanmu) sepeninggalnya dan kamu adalah orang-orang yang lalim.

Kontradiksi:
Q 7:142 menyatakan Allâh memberi Taurat pada Musa setelah 30 malam.
(Dan telah Kami janjikan kepada Musa (memberikan Taurat) sesudah berlalu waktu tiga puluh malam,)
-----------------

Meskipun berdosa menyembah berhala berbentuk anak lembu, Allâh mengampuni masyarakat Musa.
Q 2:52
Kemudian sesudah itu Kami maafkan kesalahanmu, agar kamu bersyukur.

Kontradiksi:
Q 2:63 menyatakan Allâh mengangkat gunung Thursina dan mengancam bani Israel untuk bertakwa padaNya.
Q 2:63
Dan (ingatlah), ketika Kami mengambil janji dari kamu dan Kami angkatkan gunung (Thursina) di atasmu (seraya Kami berfirman): "Peganglah teguh-teguh apa yang Kami berikan kepadamu dan ingatlah selalu apa yang ada di dalamnya, agar kamu bertakwa".

Kontradiksi:
Q 7:152 menyatakan Allâh menghukum bani Israel.
Q 7:152
Sesungguhnya orang-orang yang menjadikan anak lembu (sebagai sembahannya), kelak akan menimpa mereka kemurkaan dari Tuhan mereka dan kehinaan dalam kehidupan di dunia. Demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang membuat-buat kebohongan.
-----------------

Q 2:58 menyatakan bahwa Allâh berfirman agar bani Israel masuk ke kota (Yerusalem atau Yerikho – ibn Kathir) melalui pintu gerbangnya sehingga mendapat makanan bagi kebutuhan mereka.
Q 2:58
Dan (ingatlah), ketika Kami berfirman: "Masuklah kamu ke negeri ini (Baitulmakdis), dan makanlah dari hasil buminya, yang banyak lagi enak di mana yang kamu sukai, dan masukilah pintu gerbangnya sambil bersujud, dan katakanlah: "Bebaskanlah kami dari dosa", niscaya Kami ampuni kesalahan-kesalahanmu. Dan kelak Kami akan menambah (pemberian Kami) kepada orang-orang yang berbuat baik".

Kontradiksi:
Q 7:137 menyatakan Allâh menganugerakan bani Israel tanah timur dan barat, yakni tanah Syria (Ibn Kathir - http://www.tafsir.com/default.asp?sid=10&tid=23274).
Q 7:137
Dan Kami pusakakan kepada kaum yang telah ditindas itu, negeri-negeri bahagian timur bumi dan bahagian baratnya yang telah Kami beri berkah padanya. Dan telah sempurnalah perkataan Tuhanmu yang baik (sebagai janji) untuk Bani Israel disebabkan kesabaran mereka. Dan Kami hancurkan apa yang telah dibuat Firaun dan kaumnya dan apa yang telah dibangun mereka.
-----------------

Q 2:62 menyatakan bahwa Muslim/Yahudi/Kristen/Sabi – semua orang yang beriman pada Allâh dan hari Kiamat dan melakukan kebajikan akan menerima pahala.
Q 2:62
Sesungguhnya orang-orang mukmin, orang-orang Yahudi, orang-orang Nasrani dan orang-orang Shabiin, siapa saja di antara mereka yang benar-benar beriman kepada Allâh, hari kemudian dan beramal saleh, mereka akan menerima pahala dari Tuhan mereka, tidak ada kekhawatiran terhadap mereka, dan tidak (pula) mereka bersedih hati.

Kontradiksi:
Q 9:17 menyatakan kafir akan masuk neraka.
Q 9:17
Tidaklah pantas orang-orang musyrik itu memakmurkan mesjid-mesjid Allâh, sedang mereka mengakui bahwa mereka sendiri kafir. Itulah orang-orang yang sia-sia pekerjaannya, dan mereka kekal di dalam neraka.

Kontradiksi:
Q 3:85 menyatakan Allâh hanya menerima Islam.
Q 3:85
Barang siapa mencari agama selain agama Islam, maka sekali-kali tidaklah akan diterima (agama itu) daripadanya, dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang rugi.

Kontradiksi:
Q 4:150-151 menyatakan Allâh akan menghukum berat semua orang yang menyangkalNya dan Muhammad dan semua orang yang memisahkan Allâh dari Rasul²Nya.
Q 4:150-151
Sesungguhnya orang-orang yang kafir kepada Allâh dan rasul-rasul-Nya, dan bermaksud memperbedakan antara (keimanan kepada) Allâh dan rasul-rasul-Nya, dengan mengatakan: "Kami beriman kepada yang sebahagian dan kami kafir terhadap sebahagian (yang lain)", serta bermaksud (dengan perkataan itu) mengambil jalan (tengah) di antara yang demikian (iman atau kafir),
merekalah orang-orang yang kafir sebenar-benarnya. Kami telah menyediakan untuk orang-orang yang kafir itu siksaan yang menghinakan.


Kontradiksi:
Q 5:33 menyatakan Allâh memerintahkan Muslim untuk menyalib atau memancung siapapun yang berani mengritik Islam dan Muhammad atau yang tidak mau memeluk Islam.
Q 5:33
Sesungguhnya pembalasan terhadap orang-orang yang memerangi Allâh dan Rasul-Nya dan membuat kerusakan di muka bumi, hanyalah mereka dibunuh atau disalib, atau dipotong tangan dan kaki mereka dengan bertimbal balik, atau dibuang dari negeri (tempat kediamannya). Yang demikian itu (sebagai) suatu penghinaan untuk mereka di dunia, dan di akhirat mereka beroleh siksaan yang besar,
-----------------

Q 2:79 menyatakan orang² Yahudi menulis kitab suci mereka dengan tangan mereka sendiri, dan memalsukan buku itu dari Allâh, sehingga Allâh mengutuk mereka.
Q 2:79
Maka kecelakaan yang besarlah bagi orang-orang yang menulis Al Kitab dengan tangan mereka sendiri, lalu dikatakannya: "Ini dari Allâh", (dengan maksud) untuk memperoleh keuntungan yang sedikit dengan perbuatan itu. Maka kecelakaan besarlah bagi mereka, akibat dari apa yang ditulis oleh tangan mereka sendiri, dan kecelakaan besarlah bagi mereka, akibat dari apa yang mereka kerjakan.

Kontradiksi:
Q 6:34, 6:115 menyatakan siapapun tidak punya kemampuan untuk mengubah firman Allâh.
Q 6:34
Dan sesungguhnya telah didustakan (pula) rasul-rasul sebelum kamu, akan tetapi mereka sabar terhadap pendustaan dan penganiayaan (yang dilakukan) terhadap mereka, sampai datang pertolongan Kami kepada mereka. Tak ada seorang pun yang dapat merubah kalimat-kalimat (janji-janji) Allâh. Dan sesungguhnya telah datang kepadamu sebahagian dari berita rasul-rasul itu.

Q 6:115
Telah sempurnalah kalimat Tuhanmu (Al Qur'an, sebagai kalimat yang benar dan adil. Tidak ada yang dapat merubah-rubah kalimat-kalimat-Nya dan Dia-lah yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.
-----------------

Q 2:106 menyatakan ayat² apapun yang dibatalkan Allâh atau dilupakan Muhammad, akan Allâh ganti dengan ayat² serupa atau yang lebih baik (Muhammad memang lupa beberapa ayat² Qur’an – Walker, hal. 166).
Q 2:106
Ayat mana saja yang Kami nasakhkan, atau Kami jadikan (manusia) lupa kepadanya, Kami datangkan yang lebih baik daripadanya atau yang sebanding dengannya. Tiadakah kamu mengetahui bahwa sesungguhnya Allâh Maha Kuasa atas segala sesuatu?

Kontradiksi:
Q 6:34, 6:115 menyatakan siapapun tidak punya kemampuan untuk mengubah firman Allâh.
-----------------

Q 2:107 menyatakan kerajaan langit dan bumi adalah milik Allâh; tiada pelindung lain selain Allâh.
Q 2:107
Tiadakah kamu mengetahui bahwa kerajaan langit dan bumi adalah kepunyaan Allâh? Dan tiada bagimu selain Allâh seorang pelindung maupun seorang penolong.

Kontradiksi:
Q 13:11 dan 41:31 menyatakan bahwa Allâh berkata para malaikat adalah pelindung dan penjaga manusia.
Q 3:11
Bagi manusia ada malaikat-malaikat yang selalu mengikutinya bergiliran, di muka dan di belakangnya, mereka menjaganya atas perintah Allâh…
Q 41:30-31
maka malaikat akan turun kepada mereka (dengan mengatakan) …
Kami lah Pelindung-pelindungmu dalam kehidupan dunia dan di akhirat;

-----------------

Q 2:116 menyatakan pendapat orang² Kristen bahwa Allâh punya anak laki adalah salah; Allâh memiliki semua yang di langit dan bumi, semuanya menyembah padaNya.
Q 2:116
Mereka (orang-orang kafir) berkata: "Allâh mempunyai anak". Maha Suci Allâh, bahkan apa yang ada di langit dan di bumi adalah kepunyaan Allâh; semua tunduk kepada-Nya.

Kontradiksi:
Q 3:180, 15:23, 19:40, 19:79-80, 21:89, 28:58 menyatakan Allâh mewarisi harta dari kafir/makhluk lain.
Q 3:180
Sekali-kali janganlah orang-orang yang bakhil dengan harta yang Allâh berikan kepada mereka dari karunia-Nya menyangka, bahwa kebakhilan itu baik bagi mereka. Sebenarnya kebakhilan itu adalah buruk bagi mereka. Harta yang mereka bakhilkan itu akan dikalungkan kelak di lehernya di hari kiamat. Dan kepunyaan Allâh-lah segala warisan (yang ada) di langit dan di bumi. Dan Allâh mengetahui apa yang kamu kerjakan.
15:23
Dan sesungguhnya benar-benar Kami-lah yang menghidupkan dan mematikan dan Kami (pulalah) yang mewarisi.
Q 19:40
Sesungguhnya Kami mewarisi bumi dan semua orang-orang yang ada di atasnya, dan hanya kepada Kami lah mereka dikembalikan.
Q 19:79-80
sekali-kali tidak, Kami akan menulis apa yang ia katakan, dan benar-benar Kami akan memperpanjang azab untuknya,
dan Kami akan mewarisi apa yang ia katakan itu, dan ia akan datang kepada Kami dengan seorang diri.

Q 21:89
Dan (ingatlah kisah) Zakaria, tatkala ia menyeru Tuhannya: "Ya Tuhanku janganlah Engkau membiarkan aku hidup seorang diri dan Engkaulah Pewaris Yang Paling Baik.
Pewaris = Inheritor; lihat versi bahasa Inggrisnya:
And (remember) Zakariya, when he cried to his Lord: "O my Lord! leave me not without offspring, though Thou art the best of inheritors."
Q 28:58
Dan berapa banyaknya (penduduk) negeri yang telah Kami binasakan, yang sudah bersenang-senang dalam kehidupannya; maka itulah tempat kediaman mereka yang tiada didiami (lagi) sesudah mereka, kecuali sebahagian kecil. Dan Kami adalah pewarisnya.
----------------

Q 2:117 menyatakan bahwa Allâh menciptakan dengan sekejap; Dia berkata ‘jadilah’ dan lalu ciptaanNya terjadi.
Q 2:117
Allâh Pencipta langit dan bumi, dan bila Dia berkehendak (untuk menciptakan) sesuatu, maka (cukuplah) Dia hanya mengatakan kepadanya: "Jadilah". Lalu jadilah ia.

Kontradiksi:
Q 7:54, 10:3, 11:7 and 25:59 menyatakan masa penciptaan selama 6 hari.
Q 7:54
Sesungguhnya Tuhan kamu ialah Allâh yang telah menciptakan langit dan bumi dalam enam masa…
Q 10:3
Sesungguhnya Tuhan kamu ialah Allâh Yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa…
Q 11:7
Dan Dia-lah yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa…
Q 25:59
Yang menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada antara keduanya dalam enam masa…

Kontradiksi:
Q 41:9-12 menyatakan proses penciptaan selama 8 hari.
Q 41:9-12
Sesungguhnya patutkah kamu kafir kepada Yang menciptakan bumi dalam dua masa
Dia menciptakan di bumi itu gunung-gunung yang kokoh di atasnya. Dia memberkahinya dan Dia menentukan padanya kadar makanan-makanan (penghuni) nya dalam empat masa
Maka Dia menjadikannya tujuh langit dalam dua masa


Kontradiksi:
Q 6:101 menyatakan Allâh tidak bisa punya anak laki sebab Dia tidak punya istri.
Q 6:101
Dia Pencipta langit dan bumi. Bagaimana Dia mempunyai anak padahal Dia tidak mempunyai istri. Dia menciptakan segala sesuatu; dan Dia mengetahui segala sesuatu.
-----------------

Q 2:131 menyatakan Allâh bertanya dan Ibrahim dengan gembira tunduk pada Allâh (Q2:132-133; 3:67; 4:125; 6:161; 22:78 menyatakan orang² diperintahkan memeluk agama Ibrahim, dan Islam adalah agama Ibrahim dan anak²nya)
Q 2:131
Ketika Tuhannya berfirman kepadanya: "Tunduk patuhlah!" Ibrahim menjawab: "Aku tunduk patuh kepada Tuhan semesta alam".

Kontradiksi: Q 2:37 menyatakan Adam sebagai Muslim yang pertama.
Kontradiksi: Q 6:14 menyatakan Muhammad sebagai Muslim yang pertama.
Kontradiksi: Q 7:143 menyatakan Moses sebagai Muslim yang pertama.
Kontradiksi: Q 26:51 menyatakan beberapa orang Mesir sebagai Muslim yang pertama.
-----------------

Q 2:139 menyatakan Allâh orang² Yahudi dan Kristen adalah Allâh yang sama, dan tidak usah memperdebatkan hal ini. Allâh akan menganugerahi setiap masyarakat sesuai dengan perbuatan mereka.
Q 2:139
Katakanlah: "Apakah kamu memperdebatkan dengan kami tentang Allâh, padahal Dia adalah Tuhan kami dan Tuhan kamu; bagi kami amalan kami, bagi kamu amalan kamu dan hanya kepada-Nya kami mengikhlaskan hati.

Kontradiksi:
Q 9:30 menyatakan orang² Yahudi dan Kristen adalah kafir.
Q 9:30
Orang-orang Yahudi berkata: "Uzair itu putra Allâh" dan orang Nasrani berkata: "Al Masih itu putra Allâh". Demikian itulah ucapan mereka dengan mulut mereka, mereka meniru perkataan orang-orang kafir yang terdahulu. Dilaknati Allâh-lah mereka; bagaimana mereka sampai berpaling?

Kontradiksi:
Q 3:118, 5:51, 5:57, 58:14 dan 60:13 menyatakan Muslim tidak boleh berkawan dengan kafir, termasuk kaum Yahudi dan Kristen.
Q 3:118
Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu ambil menjadi teman kepercayaanmu orang-orang yang di luar kalanganmu (karena) mereka tidak henti-hentinya (menimbulkan) kemudaratan bagimu. Mereka menyukai apa yang menyusahkan kamu. Telah nyata kebencian dari mulut mereka, dan apa yang disembunyikan oleh hati mereka lebih besar lagi. Sungguh telah Kami terangkan kepadamu ayat-ayat (Kami), jika kamu memahaminya.
Q 5:51
Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengambil orang-orang Yahudi dan Nasrani menjadi pemimpin-pemimpin (mu); sebahagian mereka adalah pemimpin bagi sebahagian yang lain. Barang siapa di antara kamu mengambil mereka menjadi pemimpin, maka sesungguhnya orang itu termasuk golongan mereka. Sesungguhnya Allâh tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang lalim.
Q 5:57
Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengambil jadi pemimpinmu, orang-orang yang membuat agamamu jadi buah ejekan dan permainan, (yaitu) di antara orang-orang yang telah diberi Kitab sebelummu, dan orang-orang yang kafir (orang-orang musyrik). Dan bertakwalah kepada Allâh jika kamu betul-betul orang-orang yang beriman.
Q 58:14
Tidakkah kamu perhatikan orang-orang yang menjadikan suatu kaum yang dimurkai Allâh sebagai teman? Orang-orang itu bukan dari golongan kamu dan bukan (pula) dari golongan mereka. Dan mereka bersumpah untuk menguatkan kebohongan, sedang mereka mengetahui.
Q 60:13
Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu jadikan penolongmu kaum yang dimurkai Allâh, sesungguhnya mereka telah putus asa terhadap negeri akhirat sebagaimana orang-orang kafir yang telah berada dalam kubur berputus asa.
-----------------

Q 2:148 menyatakan setiap negara memiliki klibat sendiri; Allâh telah memberikan setiap kelompok masyarakat hukum dan cara hidup mereka sendiri.
Q 2:148
Dan bagi tiap-tiap umat ada kiblatnya (sendiri) yang ia menghadap kepadanya. Maka berlomba-lombalah kamu (dalam berbuat) kebaikan. Di mana saja kamu berada pasti Allâh akan mengumpulkan kamu sekalian (pada hari kiamat). Sesungguhnya Allâh Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Kontradiksi:
Q 25:51 menyatakan jika Allâh bersedia maka dia akan mengirim utusan² pada setiap negara untuk memperingatkan mereka; tapi Dia tidak melakukan itu.
Q 25:51
Dan andai kata Kami menghendaki, benar-benarlah Kami utus pada tiap-tiap negeri seorang yang memberi peringatan (rasul).
----------------

Q 2:167 menyatakan Allâh tidak menerima penyesalan orang² berdosa dan mereka akan masuk neraka untuk selamanya.
Q 2:167
Dan berkatalah orang-orang yang mengikuti: "Seandainya kami dapat kembali (ke dunia), pasti kami akan berlepas diri dari mereka, sebagaimana mereka berlepas diri dari kami." Demikianlah Allâh memperlihatkan kepada mereka amal perbuatannya menjadi sesalan bagi mereka; dan sekali-kali mereka tidak akan ke luar dari api neraka.

Kontradiksi:
Q 6:128 menyatakan selama yang Allâh kehendaki dan bukan untuk selama-lamanya.
Q 6:128
Allâh berfirman: "Neraka itulah tempat diam kamu, sedang kamu kekal di dalamnya, kecuali kalau Allâh menghendaki (yang lain)".
-----------------

Q 2:185 menyatakan Allâh mengirim Qur’an pada umat manusia di bulan Ramadhan (SELURUH bagian Qur’an).
Q 2:185
(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan Al Qur'an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil). Karena itu, barang siapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barang siapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allâh menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allâh atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.
(Adadeh: Ada kata “permulaan” di bagian depan Al Qur’an dari penerjemah Qur’an Indonesia, tapi di Qur’an aslinya tidak ada kata seperti itu, demikian juga di terjemahan Qur’an Inggris.)

Kontradiksi:
Q 17:106, 25:32 menyatakan Allâh mengirim Qur’an secara berangsur-angsur.
Q 17:106
Dan Al Qur'an itu telah Kami turunkan dengan berangsur-angsur agar kamu membacakannya perlahan-lahan kepada manusia dan Kami menurunkannya bagian demi bagian.
Q 25:32
Berkatalah orang-orang yang kafir: "Mengapa Al Qur'an itu tidak diturunkan kepadanya sekali turun saja?"; demikianlah supaya Kami perkuat hatimu dengannya dan Kami membacakannya secara tartil (teratur dan benar).
-----------------

Q 2:219 menyatakan minuman anggur dan judi adalah hasil karya setan – manfaatnya lebih sedikit daripada dosanya.
Q 2:219
Mereka bertanya kepadamu tentang khamar dan judi. Katakanlah: "Pada keduanya itu terdapat dosa besar dan beberapa manfaat bagi manusia, tetapi dosa keduanya lebih besar dari manfaatnya". Dan mereka bertanya kepadamu apa yang mereka nafkahkan. Katakanlah: "Yang lebih dari keperluan." Demikianlah Allâh menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu supaya kamu berpikir,

Kontradiksi:
Q 47:15 dan 83:25 menyatakan Allâh akan menyediakan hasil karya Setan, yakni minuman anggur di surga Islam.
Q 47:15
Apakah) perumpamaan (penghuni) surga yang dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa yang di dalamnya ada sungai-sungai dari air yang tiada berubah rasa dan baunya, sungai-sungai dari air susu yang tiada berubah rasanya, sungai-sungai dari khamar (arak) yang lezat rasanya bagi peminumnya dan sungai-sungai dari madu yang disaring; dan mereka memperoleh di dalamnya segala macam buah-buahan dan ampunan dari Tuhan mereka, sama dengan orang yang kekal dalam neraka dan diberi minuman dengan air yang mendidih sehingga memotong-motong ususnya?
Q 83:25
Mereka diberi minum dari khamar murni yang dilak (tempatnya)
-----------------

Q 2:221menyatakan Muslim tidak boleh menikahi kafir sampai orang itu memeluk Islam. Budak Muslimah lebih baik daripada wanita kafir merdeka; jangan menikahkan Muslimah dengan kafir sampai pria itu memeluk Islam.
Q 2:221
Dan janganlah kamu nikahi wanita-wanita musyrik, sebelum mereka beriman. Sesungguhnya wanita budak yang mukmin lebih baik dari wanita musyrik, walaupun dia menarik hatimu. Dan janganlah kamu menikahkan orang-orang musyrik (dengan wanita-wanita mukmin) sebelum mereka beriman. Sesungguhnya budak yang mukmin lebih baik dari orang musyrik walaupun dia menarik hatimu. Mereka mengajak ke neraka, sedang Allâh mengajak ke surga dan ampunan dengan izin-Nya. Dan Allâh menerangkan ayat-ayat-Nya (perintah-perintah-Nya) kepada manusia supaya mereka mengambil pelajaran.

Kontradiksi:
Q 9:30 menyatakan orang² Yahudi dan Kristen sebagai kafir, tapi Allâh mengijinkan pria Muslim untuk mengawini wanita² Yahudi dan Kristen tanpa mereka perlu memeluk Islam (Q 5:5). Menurut ibn Abbas, ‘ Aku tidak tahu syirik apa lagi yang terbesar daripada wanita itu mengatakan Yesus adalah Tuhan!’ Ini berarti wanita² Kristen tersebut dianggap kafir oleh Muslim.
Q 9:30
Orang-orang Yahudi berkata: "Uzair itu putra Allâh" dan orang Nasrani berkata: "Al Masih itu putra Allâh". Demikian itulah ucapan mereka dengan mulut mereka, mereka meniru perkataan orang-orang kafir yang terdahulu. Dilaknati Allâh-lah mereka; bagaimana mereka sampai berpaling?
Q 5:5
Pada hari ini dihalalkan bagimu yang baik-baik. Makanan (sembelihan) orang-orang yang diberi Al Kitab itu halal bagimu, dan makanan kamu halal pula bagi mereka. (Dan dihalalkan mengawini) wanita-wanita yang menjaga kehormatan di antara wanita-wanita yang beriman dan wanita-wanita yang menjaga kehormatan di antara orang-orang yang diberi Al Kitab sebelum kamu, bila kamu telah membayar maskawin mereka dengan maksud menikahinya, tidak dengan maksud berzina dan tidak (pula) menjadikannya gundik-gundik. Barang siapa yang kafir sesudah beriman (tidak menerima hukum-hukum Islam) maka hapuslah amalannya dan ia di hari akhirat termasuk orang-orang merugi.
-----------------

Q 2:253 menyatakan bahwa beberapa rasul punya kedudukan lebih penting daripada rasul lainnya; Allâh berbicara langsung pada rasul² penting tersebut; pada Isa, Allâh memberi muzizat² Ilahi dan juga Rohul Qudus.
Q 2:253
Rasul-rasul itu Kami lebihkan sebagian mereka atas sebagian yang lain. Di antara mereka ada yang Allâh berkata-kata (langsung dengan dia) dan sebagiannya Allâh meninggikannya beberapa derajat. Dan Kami berikan kepada Isa putra Maryam beberapa mukjizat serta Kami perkuat dia dengan Ruhul Qudus. Dan kalau Allâh menghendaki, niscaya tidaklah berbunuh-bunuhan orang-orang (yang datang) sesudah rasul-rasul itu, sesudah datang kepada mereka beberapa macam keterangan, akan tetapi mereka berselisih, maka ada di antara mereka yang beriman dan ada (pula) di antara mereka yang kafir. Seandainya Allâh menghendaki, tidaklah mereka berbunuh-bunuhan. Akan tetapi Allâh berbuat apa yang dikehendaki-Nya.

Kontradiksi:
Q 4:152 menyatakan semua rasul punya kedudukan yang sama.
Q 4:152
Orang-orang yang beriman kepada Allâh dan para rasul-Nya dan tidak membeda-bedakan seorang pun di antara mereka, kelak Allâh akan memberikan kepada mereka pahalanya. Dan adalah Allâh Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.
-----------------

Q 2:254 menyatakan kafir adalah orang² lalim; tiada lagi syafaat bagi mereka di Hari Kiamat.
Q 2:254
Hai orang-orang yang beriman, belanjakanlah (di jalan Allâh) sebagian dari rezeki yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang hari yang pada hari itu tidak ada lagi jual beli dan tidak ada lagi persahabatan yang akrab dan tidak ada lagi syafaat. Dan orang-orang kafir itulah orang-orang yang lalim.

Kontradiksi:
Q 2:255 menyatakan Allâh mungkin memberi syafaat bagi siapapun yang dikehendakiNya, termasuk kafir.
Q 2:255
Allâh, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya) ; tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafaat di sisi Allâh tanpa izin-Nya. Allâh mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allâh melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allâh meliputi langit dan bumi. Dan Allâh tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allâh Maha Tinggi lagi Maha Besar.
-----------------

Q 2:255 menyatakan Allâh memelihara dan melindungi semua makhlukNya. TakhtaNya meliputi langit dan bumi; tiada yang dapat memberi syafaat tanpa ijinNya.
Q 2:255
Allâh, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya) ; tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafaat di sisi Allâh tanpa izin-Nya. Allâh mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allâh melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allâh meliputi langit dan bumi. Dan Allâh tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allâh Maha Tinggi lagi Maha Besar.

Kontradiksi:
Lihat lagi Q 2:254 di atas. Katanya terus-menerus mengurus makhlukNya, tapi kok berhenti mengurus di Hari Kiamat?
-----------------

Q 2:259 menyatakan Allâh membuat seorang manusia tidur selama seabad, lalu membangkitkan dia, dan bertanya padanya berapa lama dia telah tidur (di ayat ini Allâh berbicara langsung pada orang biasa ini).
Q 2:259
Atau apakah (kamu tidak memperhatikan) orang yang melalui suatu negeri yang (temboknya) telah roboh menutupi atapnya. Dia berkata: "Bagaimana Allâh menghidupkan kembali negeri ini setelah hancur?" Maka Allâh mematikan orang itu seratus tahun, kemudian menghidupkannya kembali. Allâh bertanya: "Berapa lama kamu tinggal di sini?" Ia menjawab: "Saya telah tinggal di sini sehari atau setengah hari". Allâh berfirman: "Sebenarnya kamu telah tinggal di sini seratus tahun lamanya; lihatlah kepada makanan dan minumanmu yang belum lagi berubah; dan lihatlah kepada keledai kamu (yang telah menjadi tulang belulang); Kami akan menjadikan kamu tanda kekuasaan Kami bagi manusia; dan lihatlah kepada tulang belulang keledai itu, kemudian Kami menyusunnya kembali, kemudian Kami membalutnya dengan daging". Maka tatkala telah nyata kepadanya (bagaimana Allâh menghidupkan yang telah mati) dia pun berkata: "Saya yakin bahwa Allâh Maha Kuasa atas segala sesuatu".

Kontradiksi:
Q 42:51 menyatakan Allâh hanya bicara dari balik tabir atau melalui utusanNya.
Q 42:51
Dan tidak ada bagi seorang manusia pun bahwa Allâh berkata-kata dengan dia kecuali dengan perantaraan wahyu atau di belakang tabir atau dengan mengutus seorang utusan (malaikat) lalu diwahyukan kepadanya dengan seizin-Nya apa yang Dia kehendaki. Sesungguhnya Dia Maha Tinggi lagi Maha Bijaksana.

BAGIAN II

Oleh Abul Kasem
January 8, 2009

Catatan bagi pembaca:
Di bagian I aku menulis bahwa Q 2:51 dan Q 7:142 berkontradiksi. Akan tetapi, Qur’an menyatakan di kedua ayat bahwa Musa bertemu dengan Allâh dalam waktu 40 malam. Q 2:51 jelas menyatakan 40 malam. Yusuf Ali menerjemahkan Q 7:142 sebagai berikut (untuk adilnya, jangan hiraukan tambahan kata dari Yusuf Ali di dalam tanda kurung):

Q 7:142
YUSUF ALI: We appointed for Moses thirty nights, and completed (the period) with ten (more): thus was completed the term (of communion) with his Lord, forty nights. And Moses had charged his brother Aaron (before he went up): “Act for me amongst my people: Do right, and follow not the way of those who do mischief.”
terjemahan:
YUSUF ALI: Kami bertemu Musa selama 30 hari, dan menyelesaikan (masa tersebut) dengan 10 (hari lagi): jadi lengkaplah (pertemuannya) dengan Tuhannya, 40 malam. Dan Musa telah memerintahkan saudaranya Harun (sebelum dia berangkat): “Lakukanlah demi aku diantara masyarakatku: Berbuatlah yang baik, dan jangan mengkuti jalan orang² sesat.”

Ibn Kathir [http://www.qtafsir.com/index.php?option=com_content&task=view&id=1115&Itemid=62] menjelaskan ketidakjelasan ini sebagai berikut:
‘Allâh mengingatkan Bani Israel akan bimbingan yang telah Dia kirim melalui bicara langsung dengan Musa dan menyampaikan Taurat padanya. Di dalam Taurat, terdapat hukum dan rincian penerapannya. Allâh menyatakan di sini bahwa Dia menentukan 30 malam bagi Muslim. Para ahli Tafsir berkata bahwa Musa puasa dalam jangka waktu tersebut, dan setelah selesai, Musa membersihkan giginya dengan ranting. Allâh memerintahkannya untuk menyelesaikan jangka pertemua dengan menambah 10 hari lagi, sehingga jumlah total adalah 40 hari. Setelah masa pertemuan berakhir, Masa hendak kembali ke Gunung Tur.’

Penjelasan ini membingungkan. Apakah Allâh memerintahkan Musa untuk puasa di seluruh malam pertemuan (jumlah total 40 malam) dan bertemu dengan Allâh di siang hari (jumlah total 40 hari). Kedua kemungkinan bisa terjadi. Aku pilih kemungkinan pertama: yakni Musa puasa sepanjang hari dan bertemu Allâh di malam hari. Akan tetapi tampaknya tafsir Ibn Kathir kurang tepat jika kita melihat ayat versi Arabnya. Aku mohon maaf atas kebingungan ini yang disebabkan tafsir Ibn Kathir.


Sura 3: al Imran (Keluarga Imran)

Q 3:2 menyatakan Muslim harus menyembah Allâh saja.
Q 3:2
Allâh, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia. Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus makhluk-Nya.

Kontradiksi:
Q 12:100 menyatakan bahwa Allâh mengijinkan saudara² dan orangtua Yusuf menyembah sujud pada Yusuf.
Q 2:100
Dan ia menaikkan kedua ibu-bapaknya ke atas singgasana. Dan mereka (semuanya) merebahkan diri seraya sujud kepada Yusuf. Dan berkata Yusuf: "Wahai ayahku inilah takbir mimpiku yang dahulu itu; sesungguhnya Tuhanku telah menjadikannya suatu kenyataan. Dan sesungguhnya Tuhanku telah berbuat baik kepadaku, ketika Dia membebaskan aku dari rumah penjara dan ketika membawa kamu dari dusun padang pasir, setelah setan merusakkan (hubungan) antaraku dan saudara-saudaraku. Sesungguhnya Tuhanku Maha Lembut terhadap apa yang Dia kehendaki. Sesungguhnya Dia-lah Yang Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.
--------------------

Q 3:3 menyatakan Allâh mengirim Quran (SELURUH bagian Qur’an) pada Muhammad
Q 3:3
Dia menurunkan Al Kitab (buku Al Qur'an) kepadamu dengan sebenarnya; membenarkan kitab yang telah diturunkan sebelumnya dan menurunkan Taurat dan Injil.
(Adadeh: karena disebut Al Kitab (buku), maka tentunya ini adalah buku yang sudah jadi, dan bukan satu atau dua Sura atau ayat atau kalimat.)

Kontradiksi:
Q 17:106, 25:32 menyatakan Allâh menurunkan Qur’an dalam beberapa tahap.
Q 17:106
Dan Al Qur'an itu telah Kami turunkan dengan berangsur-angsur agar kamu membacakannya perlahan-lahan kepada manusia dan Kami menurunkannya bagian demi bagian.

Q 25:32
Berkatalah orang-orang yang kafir: "Mengapa Al Qur'an itu tidak diturunkan kepadanya sekali turun saja?"; demikianlah supaya Kami perkuat hatimu dengannya dan Kami membacakannya secara tartil (teratur dan benar).
--------------------

Q3:7 menyatakan Allâh telah menurunkan buku (Al Kitab = Al Qur’an). Hanya orang² bijak yang mengerti pesan Al Qur’an; sebagian ayat pokok bersifat simbolis; orang² sesat mengikuti ayat² simbolis untuk menimbulkan fitnah dan pertentangan; hanya Allâh saja yang tahu arti tersembunyi dari Al Qur’an.
Q 3:7
Dia-lah yang menurunkan Al Kitab (Al Qur'an) kepada kamu. Di antara (isi) nya ada ayat-ayat yang muhkamaat itulah pokok-pokok isi Al Qur'an dan yang lain (ayat-ayat) mutasyaabihaat. Adapun orang-orang yang dalam hatinya condong kepada kesesatan, maka mereka mengikuti sebagian ayat-ayat yang mutasyabihat untuk menimbulkan fitnah dan untuk mencari-cari takwilnya, padahal tidak ada yang mengetahui takwilnya melainkan Allâh. Dan orang-orang yang mendalam ilmunya berkata: "Kami beriman kepada ayat-ayat yang mutasyabihat, semuanya itu dari sisi Tuhan kami." Dan tidak dapat mengambil pelajaran (daripadanya) melainkan orang-orang yang berakal.

Kontradiksi:
Q 16:103 menyatakan Qur’an ditulis dalam bahasa Arab yang jelas artinya.
Q 16:103
Dan sesungguhnya Kami mengetahui bahwa mereka berkata: "Sesungguhnya Al Qur'an itu diajarkan oleh seorang manusia kepadanya (Muhammad)". Padahal bahasa orang yang mereka tuduhkan (bahwa) Muhammad belajar kepadanya bahasa Ajam, sedang Al Qur'an adalah dalam bahasa Arab yang terang.
--------------------

Q 3:18 menyatakan bahwa tiada yang berhak disembah melainkan Allâh.
Q 3:18
Allâh menyatakan bahwasanya tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia, Yang menegakkan keadilan. Para malaikat dan orang-orang yang berilmu (juga menyatakan yang demikian itu). Tak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia, Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.

Kontradiksi:
Q 12:100 menyatakan Allâh mengijinkan saudara² dan orangtua Yusuf bersujud menyembahnya.
Q 12:100
Dan ia menaikkan kedua ibu-bapaknya ke atas singgasana. Dan mereka (semuanya) merebahkan diri seraya sujud kepada Yusuf…
--------------------

Q 3:20 menyatakan tugas Muhammad hanyalah menyampaikan pesan Allâh saja (ibn Kathir menjelaskan bahwa Allâh mengirim Muhammad bagi orang² Arab yang tidak bisa baca tulis).
Q 3:20
Kemudian jika mereka mendebat kamu (tentang kebenaran Islam), maka katakanlah: "Aku menyerahkan diriku kepada Allâh dan (demikian pula) orang-orang yang mengikutiku". Dan katakanlah kepada orang-orang yang telah diberi Al Kitab dan kepada orang-orang yang ummi: "Apakah kamu (mau) masuk Islam?" Jika mereka masuk Islam, sesungguhnya mereka telah mendapat petunjuk, dan jika mereka berpaling, maka kewajiban kamu hanyalah menyampaikan (ayat-ayat Allâh). Dan Allâh Maha Melihat akan hamba-hamba-Nya.

Kontradiksi:
Dalam Q 8:39, Allâh menyatakan bahwa Muslim harus memerangi kafir yang tidak mau memeluk Islam.
Q 8:39
Dan perangilah mereka, supaya jangan ada fitnah dan supaya agama itu semata-mata untuk Allâh. Jika mereka berhenti (dari kekafiran), maka sesungguhnya Allâh Maha Melihat apa yang mereka kerjakan.
--------------------

Q 3:33,34 menyatakan bahwa Allâh memilih keluarga Adam, Nuh, Abraham, dan Imran di atas segala umat.
Q 3:33 34
Sesungguhnya Allâh telah memilih Adam, Nuh, keluarga Ibrahim dan keluarga Imran melebihi segala umat (di masa mereka masing-masing),
(sebagai) satu keturunan yang sebagiannya (keturunan) dari yang lain. Dan Allâh Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.


Kontradiksi:
Q 2:47, 45:16 17 menyatakan bahwa Allâh memilih Bani Israel di atas segala umat.
Q 2:47
Hai Bani Israel, ingatlah akan nikmat-Ku yang telah Aku anugerahkan kepadamu dan (ingatlah pula) bahwasanya Aku telah melebihkan kamu atas segala umat

Q 45:16,17
Dan sesungguhnya telah Kami berikan kepada Bani Israel Al Kitab (Taurat), kekuasaan dan kenabian dan Kami berikan kepada mereka rezeki-rezeki yang baik dan Kami lebihkan mereka atas bangsa-bangsa (pada masanya).
Dan Kami berikan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata tentang urusan (agama); maka mereka tidak berselisih melainkan sesudah datang kepada mereka pengetahuan karena kedengkian (yang ada) di antara mereka. Sesungguhnya Tuhanmu akan memutuskan antara mereka pada hari kiamat terhadap apa yang mereka selalu berselisih padanya.

--------------------

Q 3:41 menyatakan bahwa Jibril membuat Zakaria tidak dapat bicara dan hanya mampu melakukan bahasa isyarat, dan melakukan dua sholat – di saat malam dan pagi.
Q 3:41
Berkata Zakaria: "Berilah aku suatu tanda (bahwa istriku telah mengandung)". Allâh berfirman: "Tandanya bagimu, kamu tidak dapat berkata-kata dengan manusia selama tiga hari, kecuali dengan isyarat. Dan sebutlah (nama) Tuhanmu sebanyak-banyaknya serta bertasbihlah di waktu petang dan pagi hari".

Kontradiksi:
Q 19:10 menyatakan Allâh membuat Zakaria bisu selama tiga malam.
Q 19:10
Zakaria berkata: "Ya Tuhanku, berilah aku suatu tanda". Tuhan berfirman: "Tanda bagimu ialah bahwa kamu tidak dapat bercakap-cakap dengan manusia selama tiga malam, padahal kamu sehat".
--------------------

Q 3:42 menyatakan bahwa malaikat² memberitahu Maryam bahwa dia di atas segala wanita dunia.
Q 3:42
Dan (ingatlah) ketika malaikat-malaikat berkata: "Hai Maryam, sesungguhnya Allâh telah memilih kamu, menyucikan kamu dan melebihkan kamu atas segala wanita di dunia (yang semasa dengan kamu).

Kontradiksi:
Q 19:17 menyatakan hanya satu malaikat, dalam wujud seorang pria, bicara pada Maryam.
Q 19:17
maka ia mengadakan tabir (yang melindunginya) dari mereka; lalu Kami mengutus roh Kami kepadanya, maka ia menjelma di hadapannya (dalam bentuk) manusia yang sempurna.

Kontradiksi:
Q 2:47 dan Q 45:16 17 menyatakan bahwa Allâh memilih Bani Israel di atas segala umat.
Q 2:47
Hai Bani Israel, ingatlah akan nikmat-Ku yang telah Aku anugerahkan kepadamu dan (ingatlah pula) bahwasanya Aku telah melebihkan kamu atas segala umat

Q 45:16,17
Dan sesungguhnya telah Kami berikan kepada Bani Israel Al Kitab (Taurat), kekuasaan dan kenabian dan Kami berikan kepada mereka rezeki-rezeki yang baik dan Kami lebihkan mereka atas bangsa-bangsa (pada masanya).
Dan Kami berikan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata tentang urusan (agama); maka mereka tidak berselisih melainkan sesudah datang kepada mereka pengetahuan karena kedengkian (yang ada) di antara mereka. Sesungguhnya Tuhanmu akan memutuskan antara mereka pada hari kiamat terhadap apa yang mereka selalu berselisih.

--------------------

Q 3:45 menyatakan bahwa malaikat² memberitahu Maryam bahwa dia akan melahirkan Isa, yang adalah firman (titisan) Allâh dan Isa adalah orang terkemuka di dunia dan dia terdekat dengan Allâh.
Q 3:45
(Ingatlah), ketika Malaikat berkata: "Hai Maryam, sesungguhnya Allâh menggembirakan kamu (dengan kelahiran seorang putra yang diciptakan) dengan kalimat (yang datang) daripada-Nya, namanya Al Masih Isa putra Maryam, seorang terkemuka di dunia dan di akhirat dan termasuk orang-orang yang didekatkan (kepada Allâh),

Kontradiksi:
Q 19:17 menyatakan satu malaikat dalam wujud seorang pria, mengunjungi Maryam.
Q 19:17
maka ia mengadakan tabir (yang melindunginya) dari mereka; lalu Kami mengutus roh Kami kepadanya, maka ia menjelma di hadapannya (dalam bentuk) manusia yang sempurna.

Kontradiksi:
Q 21:98 menyatakan semua benda yang disembah manusia kecuali Allâh akan masuk neraka; ini berarti Isa pun masuk neraka.
Q 21:98
Sesungguhnya kamu dan apa yang kamu sembah selain Allâh, adalah umpan Jahanam, kamu pasti masuk ke dalamnya.
--------------------

Q 3:59 menyatakan Allâh menciptakan Adam dari debu, Allâh mengatakan ‘Jadilah’ dan Adam pun jadi; Isa berwujud seperti Allâh (ibn Kathir menjelaskan bahwa karena Allâh membuat Isa tanpa ayah, Dia lalu membuatnya tampak seperti Adam; dan karena Adam tidak punya ayah dan ibu, maka Allâh menciptakan Adam dari debu)
Q 3:59
Sesungguhnya misal (penciptaan) Isa di sisi Allâh, adalah seperti (penciptaan) Adam. Allâh menciptakan Adam dari tanah, kemudian Allâh berfirman kepadanya: "Jadilah" (seorang manusia), maka jadilah dia.

Kontradiksi:
Q 38:71 menyatakan Allâh menciptakan Adam dari tanah.
Q 38:71
(Ingatlah) ketika Tuhanmu berfirman kepada malaikat: "Sesungguhnya Aku akan menciptakan manusia dari tanah".

Kontradiksi:
Q 15:26 menyatakan Allah menciptakan Adam dari tanah liat yang berasal dari lumpur hitam.
Q 15:26
Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia (Adam) dari tanah liat kering (yang berasal) dari lumpur hitam yang diberi bentuk.

Kontradiksi:
Q 38:75 menyatakan Allâh menciptakan Adam dengan keduatanganNya.
Q 38:75
Allâh berfirman: "Hai iblis, apakah yang menghalangi kamu sujud kepada yang telah Ku-ciptakan dengan kedua tangan-Ku. Apakah kamu menyombongkan diri ataukah kamu (merasa) termasuk orang-orang yang (lebih) tinggi?".
--------------------

Q 3:67,68 menyatakan Ibraham bukanlah orang Yahudi atau Kristen, tapi adalah Hanif (Muslim), dan Muhammad adalah yang terdekat dengan Ibrahim.
Q 3:67
Ibrahim bukan seorang Yahudi dan bukan (pula) seorang Nasrani, akan tetapi dia adalah seorang yang lurus lagi berserah diri (kepada Allâh) dan sekali-kali bukanlah dia termasuk golongan orang-orang musyrik."
Sesungguhnya orang yang paling dekat kepada Ibrahim ialah orang-orang yang mengikutinya dan Nabi ini (Muhammad), serta orang-orang yang beriman (kepada Muhammad), dan Allâh adalah Pelindung semua orang-orang yang beriman.


Kontradiksi:
Q 6:14 menyatakan bahwa Muhammad adalah Muslim yang pertama.
Q 6:14
Katakanlah: "Apakah akan aku jadikan pelindung selain dari Allâh yang menjadikan langit dan bumi, padahal Dia memberi makan dan tidak diberi makan?" Katakanlah: "Sesungguhnya aku diperintah supaya aku menjadi orang yang pertama sekali menyerah diri (kepada Allâh), dan jangan sekali-kali kamu masuk golongan orang-orang musyrik."

Kontradiksi:
Q 7:143 menyatakan Musa adalah Muslim yang pertama.
Q 7:143
Dan tatkala Musa datang untuk (munajat dengan Kami) pada waktu yang telah Kami tentukan dan Tuhan telah berfirman (langsung) kepadanya, berkatalah Musa: "Ya Tuhanku, nampakkanlah (diri Engkau) kepadaku agar aku dapat melihat kepada Engkau". Tuhan berfirman: "Kamu sekali-kali tidak sanggup melihat-Ku, tapi lihatlah ke bukit itu, maka jika ia tetap di tempatnya (sebagai sediakala) niscaya kamu dapat melihat-Ku". Tatkala Tuhannya menampakkan diri kepada gunung itu, dijadikannya gunung itu hancur luluh dan Musa pun jatuh pingsan. Maka setelah Musa sadar kembali, dia berkata: "Maha Suci Engkau, aku bertobat kepada Engkau dan aku orang yang pertama-tama beriman".

Kontradiksi:
Q 2:37 menyatakan Adam adalah Muslim yang pertama.
Q 2:37
Kemudian Adam menerima beberapa kalimat dari Tuhannya, maka Allâh menerima tobatnya. Sesungguhnya Allâh Maha Penerima tobat lagi Maha Penyayang.

Kontradiksi:
Q 26:51 menyatakan beberapa orang Mesir sebagai Muslim yang pertama.
Q 26:51
sesungguhnya kami amat menginginkan bahwa Tuhan kami akan mengampuni kesalahan kami, karena kami adalah orang-orang yang pertama-tama beriman.
--------------------

Q 3:78 menyatakan beberapa orang Kristen dan Yahudi mengganti isi Al Kitab dan berdusta dengan mengatakan itu adalah dari Allâh.
Q 3:78
Sesungguhnya di antara mereka ada segolongan yang memutar-mutar lidahnya membaca Al Kitab, supaya kamu menyangka yang dibacanya itu sebagian dari Al Kitab, padahal ia bukan dari Al Kitab dan mereka mengatakan: "Ia (yang dibaca itu datang) dari sisi Allâh", padahal ia bukan dari sisi Allâh. Mereka berkata dusta terhadap Allâh, sedang mereka mengetahui.

Kontradiksi:
Q 6:34 dan Q 6:115 mengatakan tiada seorang pun yang dapat mengganti firman Allâh.
Q 6:34
Dan sesungguhnya telah didustakan (pula) rasul-rasul sebelum kamu, akan tetapi mereka sabar terhadap pendustaan dan penganiayaan (yang dilakukan) terhadap mereka, sampai datang pertolongan Kami kepada mereka. Tak ada seorang pun yang dapat merubah kalimat-kalimat (janji-janji) Allâh. Dan sesungguhnya telah datang kepadamu sebahagian dari berita rasul-rasul itu.

Q 6:115
Telah sempurnalah kalimat Tuhanmu (Al Qur'an, sebagai kalimat yang benar dan adil. Tidak ada yang dapat merubah-rubah kalimat-kalimat-Nya dan Dia-lah yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.
--------------------

Q 3:85 menyatakan Allâh tidak menerima agama apapun selain Islam.
Q 3:85
Barang siapa mencari agama selain agama Islam, maka sekali-kali tidaklah akan diterima (agama itu) daripadanya, dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang rugi.

Kontradiksi:
Q 2:62 menyatakan Allâh akan memberi pahala orang² Kristen, Yahudi, dan Sabiin.
Q 2:62
Sesungguhnya orang-orang mukmin, orang-orang Yahudi, orang-orang Nasrani dan orang-orang Shabiin, siapa saja di antara mereka yang benar-benar beriman kepada Allâh, hari kemudian dan beramal saleh, mereka akan menerima pahala dari Tuhan mereka, tidak ada kekhawatiran terhadap mereka, dan tidak (pula) mereka bersedih hati.
--------------------

Q 3:97 menyatakan Mekah adalah makam Abraham; Muslim yang mampu diwajibkan melakukan ibadah haji di Mekah; Allâh tidak butuh apapun dari ciptaanNya.
Q 3:97
Padanya terdapat tanda-tanda yang nyata, (di antaranya) maqam Ibrahim; barang siapa memasukinya (Baitullah itu) menjadi amanlah dia; mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allâh, yaitu (bagi) orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke Baitullah; Barang siapa mengingkari (kewajiban haji), maka sesungguhnya Allâh Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) dari semesta alam.

Kontradiksi:
Q 2:21 menyatakan Allâh butuh manusia untuk menyembahNya.
Q 2:21
Hai manusia, sembahlah Tuhanmu Yang telah menciptakanmu dan orang-orang yang sebelummu, agar kamu bertakwa.

Kontradiksi:
51:56 menyatakan Allâh butuh manusia dan jin untuk menyembahNya.
Q 51:56
Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku.
--------------------

Q 3:125 menyatakan bahwa di Badr, Allâh mengirim bantuan bagi Muslim lima ribu malaikat. (ibn Kathir menjelaskan bahwa para malaikat mengenakan baju wool putih dan kuda² memakai tanda)
Q 3:125
ya (cukup), jika kamu bersabar dan bertakwa dan mereka datang menyerang kamu dengan seketika itu juga, niscaya Allâh menolong kamu dengan lima ribu Malaikat yang memakai tanda.

Kontradiksi:
Q 8:9 menyatakan bahwa di Badr, Allâh hanya mengirim seribu malaikat.
Q 8:9
Ingatlah), ketika kamu memohon pertolongan kepada Tuhanmu, lalu diperkenankan-Nya bagimu: "Sesungguhnya Aku akan mendatangkan bala bantuan kepadamu dengan seribu malaikat yang datang berturut-turut".
--------------------

Q 3:144 menyatakan Muhammad hanyalah seorang rasul; semua rasul sebelum dia telah mati.
Q 3:144
Muhammad itu tidak lain hanyalah seorang rasul, sungguh telah berlalu sebelumnya beberapa orang rasul. Apakah jika dia wafat atau dibunuh kamu berbalik ke belakang (murtad)? Barang siapa yang berbalik ke belakang, maka ia tidak dapat mendatangkan mudarat kepada Allâh sedikit pun; dan Allâh akan memberi balasan kepada orang-orang yang bersyukur.

Kontradiksi:
Q 4:157 menyatakan bahwa Allâh mengangkat Isa ke surga; Isa tidak mati.
Q 4:157
dan karena ucapan mereka: "Sesungguhnya Kami telah membunuh Al Masih, Isa putra Maryam, Rasul Allâh", padahal mereka tidak membunuhnya dan tidak (pula) menyalibnya, tetapi (yang mereka bunuh ialah) orang yang diserupakan dengan Isa bagi mereka. Sesungguhnya orang-orang yang berselisih paham tentang (pembunuhan) Isa, benar-benar dalam keragu-raguan tentang yang dibunuh itu. Mereka tidak mempunyai keyakinan tentang siapa yang dibunuh itu, kecuali mengikuti persangkaan belaka, mereka tidak (pula) yakin bahwa yang mereka bunuh itu adalah Isa.
--------------------

Q 3:169,171 menyatakan Muslim yang mati berjihad di jalan Allâh tidaklah mati; mereka hidup bersama Allâh di surga Islam; dan menikmati rezeki dariNya.
Q 3:169, 171
(169) Janganlah kamu mengira bahwa orang-orang yang gugur di jalan Allâh itu mati; bahkan mereka itu h idup di sisi Tuhannya dengan mendapat rezeki.
(171) Mereka bergirang hati dengan nikmat dan karunia yang besar dari Allâh, dan bahwa Allâh tidak menyia-nyiakan pahala orang-orang yang beriman.

Kontradiksi:
Q 19:70,71 menyatakan bahwa setiap jiwa, termasuk Muslim, akan dibakar api neraka, setidaknya untuk waktu tertentu.
Q 19:70,71
Dan kemudian Kami sungguh lebih mengetahui orang-orang yang seharusnya dimasukkan ke dalam neraka.
Dan tidak ada seorang pun dari padamu, melainkan mendatangi neraka itu. Hal itu bagi Tuhanmu adalah suatu kemestian yang sudah ditetapkan.

--------------------

Q 3:180 menyatakan bahwa Allâh tidak suka orang yang pelit; Allâh akan mengalungkan harta bakhil di leher kafir. Allâh adalah pewaris langit dan bumi.
Q 3:180
Sekali-kali janganlah orang-orang yang bakhil dengan harta yang Allâh berikan kepada mereka dari karunia-Nya menyangka, bahwa kebakhilan itu baik bagi mereka. Sebenarnya kebakhilan itu adalah buruk bagi mereka. Harta yang mereka bakhilkan itu akan dikalungkan kelak di lehernya di hari kiamat. Dan kepunyaan Allâh-lah segala warisan (yang ada) di langit dan di bumi. Dan Allâh mengetahui apa yang kamu kerjakan.

Kontradiksi:
Q 2:116, 3:189, 20:6, 21:19, 57:2 menyatakan bahwa Allâh adalah pemilik (bukan pewaris) segala di langit dan bumi.
Q 2:116
Mereka (orang-orang kafir) berkata: "Allâh mempunyai anak". Maha Suci Allâh, bahkan apa yang ada di langit dan di bumi adalah kepunyaan Allâh; semua tunduk kepada-Nya.

Q 3:189
Kepunyaan Allâh-lah kerajaan langit dan bumi, dan Allâh Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Q 20:6
Kepunyaan-Nya-lah semua yang ada di langit, semua yang di bumi, semua yang di antara keduanya dan semua yang di bawah tanah.

Q 21:19
Dan kepunyaan-Nyalah segala yang di langit dan di bumi. Dan malaikat-malaikat yang di sisi-Nya, mereka tiada mempunyai rasa angkuh untuk menyembah-Nya dan tiada (pula) merasa letih.

Q 57:2
Kepunyaan-Nya lah kerajaan langit dan bumi, Dia menghidupkan dan mematikan, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu.
--------------------

Q 3:189 menyatakan segala yang di langit dan bumi adalah milik Allâh.
Q 3:189
Kepunyaan Allâh-lah kerajaan langit dan bumi, dan Allâh Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Kontradiksi:
Q 3:180, 15:23, 19:40, 19:80, 21:89, 28:58 menyatakan Allâh adalah pewaris semua harta milik kafir dan makhluk lainnya.
Q 3:180
Sekali-kali janganlah orang-orang yang bakhil dengan harta yang Allâh berikan kepada mereka dari karunia-Nya menyangka, bahwa kebakhilan itu baik bagi mereka. Sebenarnya kebakhilan itu adalah buruk bagi mereka. Harta yang mereka bakhilkan itu akan dikalungkan kelak di lehernya di hari kiamat. Dan kepunyaan Allâh-lah segala warisan (yang ada) di langit dan di bumi. Dan Allâh mengetahui apa yang kamu kerjakan.

Q 15:23
Dan sesungguhnya benar-benar Kami-lah yang menghidupkan dan mematikan dan Kami (pulalah) yang mewarisi.

Q 19:80
dan Kami akan mewarisi apa yang ia katakan itu, dan ia akan datang kepada Kami dengan seorang diri.

Q 21:89
Dan (ingatlah kisah) Zakaria, tatkala ia menyeru Tuhannya: "Ya Tuhanku janganlah Engkau membiarkan aku hidup seorang diri dan Engkaulah Waris Yang Paling Baik.

Q 28:58
Dan berapa banyaknya (penduduk) negeri yang telah Kami binasakan, yang sudah bersenang-senang dalam kehidupannya; maka itulah tempat kediaman mereka yang tiada didiami (lagi) sesudah mereka, kecuali sebahagian kecil. Dan Kami adalah pewarisnya.

BAGIAN III 


Silakan periksa ayat² Qur’an versi bahasa Inggris di SINI.
Juga versi bahasa Indonesia di SINI.


Sura 5: al-Maeda (Meja)

Q 5:5 menyatakan bahwa makanan bagi orang² ahli Kitab adalah halal bagi Muslim dan begitu pula sebaliknya. Halal pula bagi pria Muslim untuk menikahi Muslimah dan wanita ahli Kitab (yakni orang² Yahudi dan Kristen).
Q 5:5
Pada hari ini dihalalkan bagimu yang baik-baik. Makanan (sembelihan) orang-orang yang diberi Al Kitab itu halal bagimu, dan makanan kamu halal pula bagi mereka. (Dan dihalalkan mengawini) wanita-wanita yang menjaga kehormatan di antara wanita-wanita yang beriman dan wanita-wanita yang menjaga kehormatan di antara orang-orang yang diberi Al Kitab sebelum kamu, bila kamu telah membayar maskawin mereka dengan maksud menikahinya, tidak dengan maksud berzina dan tidak (pula) menjadikannya gundik-gundik. Barang siapa yang kafir sesudah beriman (tidak menerima hukum-hukum Islam) maka hapuslah amalannya dan ia di hari akhirat termasuk orang-orang merugi.

Kontradiksi:
Q 2:221 menyatakan Muslim tidak boleh menikahi wanita² kafir atau musyrik.
Q 2:221
Dan janganlah kamu nikahi wanita-wanita musyrik, sebelum mereka beriman. Sesungguhnya wanita budak yang mukmin lebih baik dari wanita musyrik, walaupun dia menarik hatimu. Dan janganlah kamu menikahkan orang-orang musyrik (dengan wanita-wanita mukmin) sebelum mereka beriman. Sesungguhnya budak yang mukmin lebih baik dari orang musyrik walaupun dia menarik hatimu. Mereka mengajak ke neraka, sedang Allah mengajak ke surga dan ampunan dengan izin-Nya. Dan Allah menerangkan ayat-ayat-Nya (perintah-perintah-Nya) kepada manusia supaya mereka mengambil pelajaran.

Kontradiksi:
Q 9:30 menyatakan bahwa orang² Yahudi dan Kristen adalah kafir.
Q 9:30
Orang-orang Yahudi berkata: "Uzair itu putra Allah" dan orang Nasrani berkata: "Al Masih itu putra Allah". Demikian itulah ucapan mereka dengan mulut mereka, mereka meniru perkataan orang-orang kafir yang terdahulu. Dilaknati Allah-lah mereka; bagaimana mereka sampai berpaling?
--------------------

Q 5:13 menyatakan bani Israel (orang² Yahudi) mengganti isi kitab suci mereka dan melanggar perjanjian dengan Allah; Allah membuat hati mereka keras, tapi Muhammad mengampuni mereka.
Q 5:13
(Tetapi) karena mereka melanggar janjinya, Kami kutuk mereka, dan Kami jadikan hati mereka keras membatu. Mereka suka merobah perkataan (Allah) dari tempat-tempatnya, dan mereka (sengaja) melupakan sebagian dari apa yang mereka telah diperingatkan dengannya, dan kamu (Muhammad) senantiasa akan melihat kekhianatan dari mereka kecuali sedikit di antara mereka (yang tidak berkhianat), maka maafkanlah mereka dan biarkanlah mereka, sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik.

Kontradiksi:
Q 6:34, 6:115 menyatakan tiada seorang pun yang mampu mengganti firman Allah.

Kontradiksi:
Q 9:29 memerintahkan Muslim untuk membunuh umat Yahudi dan Kristen kecuali jika mereka membayar pungutan uang Jizya atau memeluk Islam.
Q 9:29
Perangilah orang-orang yang tidak beriman kepada Allah dan tidak (pula) kepada hari kemudian dan mereka tidak mengharamkan apa yang telah diharamkan oleh Allah dan Rasul-Nya dan tidak beragama dengan agama yang benar (agama Allah), (yaitu orang-orang) yang diberikan Al Kitab kepada mereka, sampai mereka membayar jizyah dengan patuh sedang mereka dalam keadaan tunduk.

Kontradiksi:
Q 5:54 memerintahkan Muslim untuk bersikap keras dan kasar terhadap kafir.
Q 5:54
Hai orang-orang yang beriman, barang siapa di antara kamu yang murtad dari agamanya, maka kelak Allah akan mendatangkan suatu kaum yang Allah mencintai mereka dan mereka pun mencintai-Nya, yang bersikap lemah lembut terhadap orang yang mukmin, yang bersikap keras terhadap orang-orang kafir, yang berjihad di jalan Allah, dan yang tidak takut kepada celaan orang yang suka mencela. Itulah karunia Allah, diberikan-Nya kepada siapa yang dikehendaki-Nya, dan Allah Maha Luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui.
--------------------

Q 5:21 menyatakan bahwa umatnya akan memasuki tanah suci (Palestina, Yerusalem atau Yerikho).
Q 5:21
Hai kaumku, masuklah ke tanah suci (Palestina) yang telah ditentukan Allah bagimu, dan janganlah kamu lari ke belakang (karena takut kepada musuh), maka kamu menjadi orang-orang yang merugi.

Kontradiksi:
Q 7:137 menyatakan Allah memberi bani Israel tanah daerah timur dan barat, yakni daerah Syria.
--------------------

Q 5:26 menyatakan Allah membuat bani Israel (jumlahnya 600.000 orang – tafsir Jalalyn) berputar-putar kebingungan selama 40 tahun di padang gurun.
Q 5:26
Allah berfirman: "(Jika demikian), maka sesungguhnya negeri itu diharamkan atas mereka selama empat puluh tahun, (selama itu) mereka akan berputar-putar kebingungan di bumi (padang Tiih) itu. Maka janganlah kamu bersedih hati (memikirkan nasib) orang-orang yang fasik itu."

Kontradiksi:
Q 7:137 menyatakan Allah memberi bani Israel negeri² bagian timur dan barat (yakni Mesir dan Syria – tafsir Ibn Kathir).
Q 7:137
Dan Kami pusakakan kepada kaum yang telah ditindas itu, negeri-negeri bahagian timur bumi dan bahagian baratnya yang telah Kami beri berkah padanya. Dan telah sempurnalah perkataan Tuhanmu yang baik (sebagai janji) untuk Bani Israel disebabkan kesabaran mereka. Dan Kami hancurkan apa yang telah dibuat Firaun dan kaumnya dan apa yang telah dibangun mereka.
--------------------

Q 5:32 menyatakan membunuh satu orang, kecuali atas alasan yang adil, adalah seperti membunuh semua manusia; menyelamatkan satu nyawa berarti menyelamatkan seluruh nyawa manusia (yang dimaksud membunuh di sini adalah Muslim membunuh Muslim lainnya dan bukan seluruh manusia pada umumnya – tafsir ibn Kathir).
Q 5:32
Oleh karena itu Kami tetapkan (suatu hukum) bagi Bani Israel, bahwa: barang siapa yang membunuh seorang manusia, bukan karena orang itu (membunuh) orang lain, atau bukan karena membuat kerusakan di muka bumi, maka seakan-akan dia telah membunuh manusia seluruhnya. Dan barang siapa yang memelihara kehidupan seorang manusia, maka seolah-olah dia telah memelihara kehidupan manusia semuanya. Dan sesungguhnya telah datang kepada mereka rasul-rasul Kami dengan (membawa) keterangan-keterangan yang jelas, kemudian banyak di antara mereka sesudah itu sungguh-sungguh melampaui batas dalam berbuat kerusakan di muka bumi.

Kontradiksi:
Q 5:33 menyatakan Allah memerintahkan Muslim untuk menyalib atau memancung siapapun yang berani mengritik Islam dan Muhammad, atau tidak mau memeluk Islam.
Q 5:33
Sesungguhnya pembalasan terhadap orang-orang yang memerangi Allah dan Rasul-Nya dan membuat kerusakan di muka bumi, hanyalah mereka dibunuh atau disalib, atau dipotong tangan dan kaki mereka dengan bertimbal balik, atau dibuang dari negeri (tempat kediamannya). Yang demikian itu (sebagai) suatu penghinaan untuk mereka di dunia, dan di akhirat mereka beroleh siksaan yang besar,
--------------------

Q 5:41 menyatakan Allah tidak akan menyucikan hati para Yahudi yang mengganti arti kitab Taurat.
Q 5:41
Hai Rasul, janganlah hendaknya kamu disedihkan oleh orang-orang yang bersegera (memperlihatkan) kekafirannya, yaitu di antara orang-orang yang mengatakan dengan mulut mereka: "Kami telah beriman", padahal hati mereka belum beriman; dan (juga) di antara orang-orang Yahudi. (Orang-orang Yahudi itu) amat suka mendengar (berita-berita) bohong dan amat suka mendengar perkataan-perkataan orang lain yang belum pernah datang kepadamu; mereka merobah perkataan-perkataan (Taurat) dari tempat-tempatnya. Mereka mengatakan: "Jika diberikan ini (yang sudah dirobah-robah oleh mereka) kepada kamu, maka terimalah, dan jika kamu diberi yang bukan ini, maka hati-hatilah" Barang siapa yang Allah menghendaki kesesatannya, maka sekali-kali kamu tidak akan mampu menolak sesuatu pun (yang datang) daripada Allah. Mereka itu adalah orang-orang yang Allah tidak hendak menyucikan hati mereka. Mereka beroleh kehinaan di dunia dan di akhirat mereka beroleh siksaan yang besar.

Kontradiksi:
Q 6:34, 6:115 menyatakan tiada seorang pun yang mampu mengganti firman Allah.
--------------------

Q 5:51 melarang Muslim untuk menjadikan umat Yahudi dan Kristen sebagai teman² dan pelindungnya.
Q 5:51
Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengambil orang-orang Yahudi dan Nasrani menjadi pemimpin-pemimpin (mu); sebahagian mereka adalah pemimpin bagi sebahagian yang lain. Barang siapa di antara kamu mengambil mereka menjadi pemimpin, maka sesungguhnya orang itu termasuk golongan mereka. Sesungguhnya Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang lalim.

Kontradiksi:
Q 5:82 menyatakan orang² Kristen adalah sahabat terdekat Muslim.
Q 5:82
Sesungguhnya kamu dapati orang-orang yang paling keras permusuhannya terhadap orang-orang yang beriman ialah orang-orang Yahudi dan orang-orang musyrik. Dan sesungguhnya kamu dapati yang paling dekat persabahatannya dengan orang-orang yang beriman ialah orang-orang yang berkata: "Sesungguhnya kami ini orang Nasrani". Yang demikian itu disebabkan karena di antara mereka itu (orang-orang Nasrani) terdapat pendeta-pendeta dan rahib-rahib, (juga) karena sesungguhnya mereka tidak menyombongkan diri.
--------------------

Q 5:54 menyatakan bahwa jika Muslim murtad, maka Allah memberi berkatnya pada orang lain yang akan jadi Muslim. Para Muslim ini akan bersikap rendah hati dan ramah terhadap Muslim lainnya tapi sangat keras dan kasar terhadap kafir (non-Muslim, kafirun, dan ini berarti Muslim kaffah harus membunuh kafirun dan murtadin)
Q 5:54
Hai orang-orang yang beriman, barang siapa di antara kamu yang murtad dari agamanya, maka kelak Allah akan mendatangkan suatu kaum yang Allah mencintai mereka dan mereka pun mencintai-Nya, yang bersikap lemah lembut terhadap orang yang mukmin, yang bersikap keras terhadap orang-orang kafir, yang berjihad di jalan Allah, dan yang tidak takut kepada celaan orang yang suka mencela. Itulah karunia Allah, diberikan-Nya kepada siapa yang dikehendaki-Nya, dan Allah Maha Luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui.

Kontradiksi:
Q 5:13 menyatakan Muhammad memaafkan dan membiarkan orang² Yahudi dan Kristen.
Q 5:13
(Tetapi) karena mereka melanggar janjinya, Kami kutuk mereka, dan Kami jadikan hati mereka keras membatu. Mereka suka merobah perkataan (Allah) dari tempat-tempatnya, dan mereka (sengaja) melupakan sebagian dari apa yang mereka telah diperingatkan dengannya, dan kamu (Muhammad) senantiasa akan melihat kekhianatan dari mereka kecuali sedikit di antara mereka (yang tidak berkhianat), maka maafkanlah mereka dan biarkanlah mereka, sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik.
--------------------

Q 5:55 menyatakan penolong Muslim adalah Allah, RasulNya (Mamad), dan para Muslim kaffah.
Q 5:55
Sesungguhnya penolong kamu hanyalah Allah, Rasul-Nya, dan orang-orang yang beriman, yang mendirikan salat dan menunaikan zakat, seraya mereka tunduk (kepada Allah).

Kontradiksi:
Q 9:116, 17:111, 32:4, 42:28 dan 42:31 menyatakan Allah-lah satu² pelindung dan penolong.

Kontradiksi:
Q 41:30-32 menyatakan para malaikat adalah penolong Muslim di dunia dan akhirat.
--------------------

Q 5:57 memerintahkan Muslim untuk tidak berteman dengan para ahli kitab (orang² Yahudi dan Kristen), kaum pagan, dan mereka yang mengejek Islam.
Q 5:57
Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengambil jadi pemimpinmu, orang-orang yang membuat agamamu jadi buah ejekan dan permainan, (yaitu) di antara orang-orang yang telah diberi Kitab sebelummu, dan orang-orang yang kafir (orang-orang musyrik). Dan bertakwalah kepada Allah jika kamu betul-betul orang-orang yang beriman.

Kontradiksi:
Q 5:82 menyatakan orang² Kristen adalah sahabat terdekat Muslim.
Q 5:82
Sesungguhnya kamu dapati orang-orang yang paling keras permusuhannya terhadap orang-orang yang beriman ialah orang-orang Yahudi dan orang-orang musyrik. Dan sesungguhnya kamu dapati yang paling dekat persabahatannya dengan orang-orang yang beriman ialah orang-orang yang berkata: "Sesungguhnya kami ini orang Nasrani". Yang demikian itu disebabkan karena di antara mereka itu (orang-orang Nasrani) terdapat pendeta-pendeta dan rahib-rahib, (juga) karena sesungguhnya mereka tidak menyombongkan diri.
--------------------

Q 5:69 menyatakan umat Muslim, Yahudi, Sabiin, Kristen, dan yang percaya pada Allah dan Hari Kiamat tidak perlu merasa khawatir.
Q 5:69
Sesungguhnya orang-orang mukmin, orang-orang Yahudi, Shabiin dan orang-orang Nasrani, siapa saja (di antara mereka) yang benar-benar beriman kepada Allah, hari kemudian dan beramal saleh, maka tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati.

Kontradiksi:
Q 3:85 menyatakan Allah hanya menerima agama Islam saja.
Q 3:85
Barang siapa mencari agama selain agama Islam, maka sekali-kali tidaklah akan diterima (agama itu) daripadanya, dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang rugi.

Kontradiksi:
Q 5:33 menyatakan bahwa Allah memerintahkan Muslim untuk menyalib atau memancung mereka yang berani mengritik Islam, dan Muhammad, atau menolak memeluk Islam.
Q 5:33
Sesungguhnya pembalasan terhadap orang-orang yang memerangi Allah dan Rasul-Nya dan membuat kerusakan di muka bumi, hanyalah mereka dibunuh atau disalib, atau dipotong tangan dan kaki mereka dengan bertimbal balik, atau dibuang dari negeri (tempat kediamannya). Yang demikian itu (sebagai) suatu penghinaan untuk mereka di dunia, dan di akhirat mereka beroleh siksaan yang besar
--------------------

Q 5:82 menyatakan musuh Muslim terkeras adalah orang² Yahudi dan pagam; sedangkan yang paling bersahabat adalah orang² Kristen.
Q 5:82
Sesungguhnya kamu dapati orang-orang yang paling keras permusuhannya terhadap orang-orang yang beriman ialah orang-orang Yahudi dan orang-orang musyrik. Dan sesungguhnya kamu dapati yang paling dekat persabahatannya dengan orang-orang yang beriman ialah orang-orang yang berkata: "Sesungguhnya kami ini orang Nasrani". Yang demikian itu disebabkan karena di antara mereka itu (orang-orang Nasrani) terdapat pendeta-pendeta dan rahib-rahib, (juga) karena sesungguhnya mereka tidak menyombongkan diri.

Kontradiksi:
Q 3:118 menyatakan Muslim tidak boleh berteman dengan kafir, termasuk kafir Yahudi dan Kristen.
Q 3:118
Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu ambil menjadi teman kepercayaanmu orang-orang yang di luar kalanganmu (karena) mereka tidak henti-hentinya (menimbulkan) kemudaratan bagimu. Mereka menyukai apa yang menyusahkan kamu. Telah nyata kebencian dari mulut mereka, dan apa yang disembunyikan oleh hati mereka lebih besar lagi. Sungguh telah Kami terangkan kepadamu ayat-ayat (Kami), jika kamu memahaminya.

Kontradiksi:
Q 5:54 menyatakan Muslim kaffah harus bersikap keras dan kasar terhadap orang² Yahudi dan Kristen, para Muslim ini harus membunuh orang² Yahudi, Kristen, dan kafir lainnya.
Q 5:54
Hai orang-orang yang beriman, barang siapa di antara kamu yang murtad dari agamanya, maka kelak Allah akan mendatangkan suatu kaum yang Allah mencintai mereka dan mereka pun mencintai-Nya, yang bersikap lemah lembut terhadap orang yang mukmin, yang bersikap keras terhadap orang-orang kafir, yang berjihad di jalan Allah, dan yang tidak takut kepada celaan orang yang suka mencela. Itulah karunia Allah, diberikan-Nya kepada siapa yang dikehendaki-Nya, dan Allah Maha Luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui.
--------------------

Q 5:90 menyatakan khamar, ramal nujum, berhala, judi (main catur juga termasuk berjudi – tafsir ibn Kathir) adalah hasil perbuatan setan.
Q 5:90
Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya khamar, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah, adalah perbuatan keji termasuk perbuatan setan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan.

Kontradiksi:
Q 47:15, 83:25 menyatakan perbuatan setan, yakni khamar, akan bebas mengalir di Surga Islam
Q 47:15
(Apakah) perumpamaan (penghuni) surga yang dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa yang di dalamnya ada sungai-sungai dari air yang tiada berubah rasa dan baunya, sungai-sungai dari air susu yang tiada berubah rasanya, sungai-sungai dari khamar (arak) yang lezat rasanya bagi peminumnya dan sungai-sungai dari madu yang disaring; dan mereka memperoleh di dalamnya segala macam buah-buahan dan ampunan dari Tuhan mereka, sama dengan orang yang kekal dalam neraka dan diberi minuman dengan air yang mendidih sehingga memotong-motong ususnya?

Q 83:25
Mereka diberi minum dari khamar murni yang dilak (tempatnya),

sambungan dari artikel sebelumnya...

Sura 6: al-Anam (Binatang Ternak)

Q 6:12 menyatakan Allah dengan kasih sayangNya membimbing manusia untuk beriman padaNya. Allah pasti akan mengumpulkan manusia di hari kiamat dan manusia kafir bertanggung jawab atas kepercayaan mereka.
Q 6:12
Katakanlah: "Kepunyaan siapakah apa yang ada di langit dan di bumi?" Katakanlah: "Kepunyaan Allah". Dia telah menetapkan atas diri-Nya kasih sayang. Dia sungguh-sungguh akan menghimpun kamu pada hari kiamat yang tidak ada keraguan terhadapnya. Orang-orang yang merugikan dirinya, mereka itu tidak beriman.

Kontradiksi:
Q 14:4, 6:35 menyatakan Allah sengaja menyesatkan sebagian manusia.
Q 14:4
Kami tidak mengutus seorang rasul pun, melainkan dengan bahasa kaumnya, supaya ia dapat memberi penjelasan dengan terang kepada mereka. Maka Allah menyesatkan siapa yang Dia kehendaki, dan memberi petunjuk kepada siapa yang Dia kehendaki. Dan Dia-lah Tuhan Yang Maha Kuasa lagi Maha Bijaksana.

Kontradiksi:
Q 10:100 menyatakan tiada orang yang dapat beriman kecuali atas ijinNya.
Q 10:100
Dan tidak ada seorang pun akan beriman kecuali dengan izin Allah; dan Allah menimpakan kemurkaan kepada orang-orang yang tidak mempergunakan akalnya.
--------------------

Q 6:14 menyatakan Allah memberi makan, tapi Dia tidak butuh makanan. Allah memerintahkan Muhammad untuk jadi Muslim yang pertama.
Q 6:14
Katakanlah: "Apakah akan aku jadikan pelindung selain dari Allah yang menjadikan langit dan bumi, padahal Dia memberi makan dan tidak diberi makan?" Katakanlah: "Sesungguhnya aku diperintah supaya aku menjadi orang yang pertama sekali menyerah diri (kepada Allah), dan jangan sekali-kali kamu masuk golongan orang-orang musyrik."

Kontradiksi: Q 2:37 menyatakan bahwa Adam adalah Muslim yang pertama.
Kontradiksi: Q 2:131, 3:67 menyatakan bahwa Ibrahim adalah Muslim yang pertama.
Kontradiksi: Q 7:143 menyatakan bahwa Musa adalah Muslim yang pertama.
Kontradiksi: Q 26:51 menyatakan bahwa beberapa orang Mesir adalah Muslim yang pertama.
--------------------

Q 6:34 menyatakan bahwa rasul² sebelum Muhammad juga ditolak; tapip melalui kesabaran dan bantuan Allah, para rasul akhirnya berhasil. Tiada seorang pun yang dapat merubah firman Allah.
Q 6:34
Dan sesungguhnya telah didustakan (pula) rasul-rasul sebelum kamu, akan tetapi mereka sabar terhadap pendustaan dan penganiayaan (yang dilakukan) terhadap mereka, sampai datang pertolongan Kami kepada mereka. Tak ada seorang pun yang dapat merubah kalimat-kalimat (janji-janji) Allah. Dan sesungguhnya telah datang kepadamu sebahagian dari berita rasul-rasul itu.

Kontradiksi:
Q 2:79, 3:78, 4:46, 5:13, 5:41, 6:112, 41:43 menyatakan bahwa orang² Yahudi dan Kristen merubah firman Allah dalam buku²Nya.
Q 2:79
Maka kecelakaan yang besarlah bagi orang-orang yang menulis Al Kitab dengan tangan mereka sendiri, lalu dikatakannya: "Ini dari Allah", (dengan maksud) untuk memperoleh keuntungan yang sedikit dengan perbuatan itu. Maka kecelakaan besarlah bagi mereka, akibat dari apa yang ditulis oleh tangan mereka sendiri, dan kecelakaan besarlah bagi mereka, akibat dari apa yang mereka kerjakan.

Q 3:78
Sesungguhnya di antara mereka ada segolongan yang memutar-mutar lidahnya membaca Al Kitab, supaya kamu menyangka yang dibacanya itu sebagian dari Al Kitab, padahal ia bukan dari Al Kitab dan mereka mengatakan: "Ia (yang dibaca itu datang) dari sisi Allah", padahal ia bukan dari sisi Allah. Mereka berkata dusta terhadap Allah, sedang mereka mengetahui.

Q 4:46
Yaitu orang-orang Yahudi, mereka merubah perkataan dari tempat-tempatnya. Mereka berkata: "Kami mendengar", tetapi kami tidak mau menurutinya. Dan (mereka mengatakan pula): "Dengarlah" sedang kamu sebenarnya tidak mendengar apa-apa. Dan (mereka mengatakan): "Raa`ina", dengan memutar-mutar lidahnya dan mencela agama. Sekiranya mereka mengatakan: "Kami mendengar dan patuh, dan dengarlah, dan perhatikanlah kami", tentulah itu lebih baik bagi mereka dan lebih tepat, akan tetapi Allah mengutuk mereka, karena kekafiran mereka. Mereka tidak beriman kecuali iman yang sangat tipis.

Q 5:13
(Tetapi) karena mereka melanggar janjinya, Kami kutuk mereka, dan Kami jadikan hati mereka keras membatu. Mereka suka merobah perkataan (Allah) dari tempat-tempatnya, dan mereka (sengaja) melupakan sebagian dari apa yang mereka telah diperingatkan dengannya, dan kamu (Muhammad) senantiasa akan melihat kekhianatan dari mereka kecuali sedikit di antara mereka (yang tidak berkhianat), maka maafkanlah mereka dan biarkanlah mereka, sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik.

Q 5:41
Hai Rasul, janganlah hendaknya kamu disedihkan oleh orang-orang yang bersegera (memperlihatkan) kekafirannya, yaitu di antara orang-orang yang mengatakan dengan mulut mereka: "Kami telah beriman", padahal hati mereka belum beriman; dan (juga) di antara orang-orang Yahudi. (Orang-orang Yahudi itu) amat suka mendengar (berita-berita) bohong dan amat suka mendengar perkataan-perkataan orang lain yang belum pernah datang kepadamu; mereka merobah perkataan-perkataan (Taurat) dari tempat-tempatnya. Mereka mengatakan: "Jika diberikan ini (yang sudah dirobah-robah oleh mereka) kepada kamu, maka terimalah, dan jika kamu diberi yang bukan ini, maka hati-hatilah" Barang siapa yang Allah menghendaki kesesatannya, maka sekali-kali kamu tidak akan mampu menolak sesuatu pun (yang datang) daripada Allah. Mereka itu adalah orang-orang yang Allah tidak hendak menyucikan hati mereka. Mereka beroleh kehinaan di dunia dan di akhirat mereka beroleh siksaan yang besar.

Q 6:112
Dan demikianlah Kami jadikan bagi tiap-tiap nabi itu musuh, yaitu setan-setan (dari jenis) manusia dan (dari jenis) jin, sebahagian mereka membisikkan kepada sebahagian yang lain perkataan-perkataan yang indah-indah untuk menipu (manusia). Jika Tuhanmu menghendaki, niscaya mereka tidak mengerjakannya, maka tinggalkanlah mereka dan apa yang mereka ada-adakan.
--------------------

Q 41:43
Tidaklah ada yang dikatakan (oleh orang-orang kafir) kepadamu itu selain apa yang sesungguhnya telah dikatakan kepada rasul-rasul sebelum kamu. Sesungguhnya Tuhan kamu benar-benar mempunyai ampunan dan hukuman yang pedih.

Kontradiksi:
Q 2:106, 16:101 menyatakan Allah merubah sendiri ayat² Qur’an melalui pembatalan dan penggantian.
Q 2:106
Ayat mana saja yang Kami nasakhkan, atau Kami jadikan (manusia) lupa kepadanya, Kami datangkan yang lebih baik daripadanya atau yang sebanding dengannya. Tiadakah kamu mengetahui bahwa sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu?

Q 16:101
Dan apabila Kami letakkan suatu ayat di tempat ayat yang lain sebagai penggantinya padahal Allah lebih mengetahui apa yang diturunkan-Nya, mereka berkata: "Sesungguhnya kamu adalah orang yang mengada-adakan saja". Bahkan kebanyakan mereka tiada mengetahui.
--------------------

Q 6:38 menyatakan semua makhluk, termasuk burung² yang berkelompok seperti manusia, akan dibangkitkan pula (yakni makhluk² yang bernyawa). Qur’an tidak mengecualikan apapun (berarti Qur’an adalah buku yang lengkap).
Q 6:38
Dan tiadalah binatang-binatang yang ada di bumi dan burung-burung yang terbang dengan kedua sayapnya, melainkan umat-umat (juga) seperti kamu. Tiadalah Kami alpakan sesuatu pun di dalam Al Kitab, kemudian kepada Tuhanlah mereka dihimpunkan.

Kontradiksi:
Q 18:109, 31:27 menyatakan semua lautan (tinta) dan pohon (pena) tidak cukup untuk menulis Qur’an.
Q 18:109
Katakanlah: "Kalau sekiranya lautan menjadi tinta untuk (menulis) kalimat-kalimat Tuhanku, sungguh habislah lautan itu sebelum habis (ditulis) kalimat-kalimat Tuhanku, meskipun Kami datangkan tambahan sebanyak itu (pula).

Q 31:27
Dan seandainya pohon-pohon di bumi menjadi pena dan laut (menjadi tinta), ditambahkan kepadanya tujuh laut (lagi) sesudah (kering) nya, niscaya tidak akan habis-habisnya (dituliskan) kalimat Allah. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.
--------------------

Q 6:101-102 menyatakan Allah tidak punya istri, sehingga Dia tidak bisa punya anak (ibn Kathir menjelaskan bahwa kaum pagan menyangka para malaikat adalah anak² perempuan Allah; Allah tidak punya istri).
Q 6:101-102
Dia Pencipta langit dan bumi. Bagaimana Dia mempunyai anak padahal Dia tidak mempunyai istri. Dia menciptakan segala sesuatu; dan Dia mengetahui segala sesuatu.
(Yang memiliki sifat-sifat yang) demikian itu ialah Allah Tuhan kamu; tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia; Pencipta segala sesuatu, maka sembahlah Dia; dan Dia adalah Pemelihara segala sesuatu.


Kontradiksi:
Q 19:21 menyatakan Maryam dapat mengandung seorang anak laki tanpa hubungan kelamin dengan seorang pria, karena Allah telah memutuskan begitu.
Q 19:21
Jibril berkata: "Demikianlah. Tuhanmu berfirman: "Hal itu adalah mudah bagi-Ku; dan agar dapat Kami menjadikannya suatu tanda bagi manusia dan sebagai rahmat dari Kami; dan hal itu adalah suatu perkara yang sudah diputuskan."

Kontradiksi:
Q 39:4 menyatakan jika Allah berkehendak punya anak laki, dia dapat memilikinya, tapi Dia tidak mau.
Q 39:4
Kalau sekiranya Allah hendak mengambil anak, tentu Dia akan memilih apa yang dikehendaki-Nya di antara ciptaan-ciptaan yang telah diciptakan-Nya. Maha Suci Allah. Dia-lah Allah Yang Maha Esa lagi Maha Mengalahkan.

Kontradiksi:
Q 2:117 menyatakan jika Allah berkata, “Jadilah,” maka jadilah ia.
Q 2:117
Allah Pencipta langit dan bumi, dan bila Dia berkehendak (untuk menciptakan) sesuatu, maka (cukuplah) Dia hanya mengatakan kepadanya: "Jadilah". Lalu jadilah ia.
--------------------

Q 6:103 menyatapakn Allah tidak dapat dilihat dan dimengerti manusia; tapi Dia mampu melihat dan mengerti apapun.
Q 6:103
Dia tidak dapat dicapai oleh penglihatan mata, sedang Dia dapat melihat segala penglihatan itu dan Dialah Yang Maha Halus lagi Maha Mengetahui.

Kontradiksi:
Q 53:11 menyatakan Muhammad melihat Allah dengan matanya sendiri (Muhammad melihat Tuhannya dengan matanya sendiri – tafsir ibn Abbas).
Q 53:11
Hatinya tidak mendustakan apa yang telah dilihatnya.
--------------------

Q 6:112 menyatakan Allah berkehendak setiap nabi punya musuh jin, setan, dan manusia, yang mempengaruhi satu sama lain dengan kata² indah.
Q 6:112
Dan demikianlah Kami jadikan bagi tiap-tiap nabi itu musuh, yaitu setan-setan (dari jenis) manusia dan (dari jenis) jin, sebahagian mereka membisikkan kepada sebahagian yang lain perkataan-perkataan yang indah-indah untuk menipu (manusia). Jika Tuhanmu menghendaki, niscaya mereka tidak mengerjakannya, maka tinggalkanlah mereka dan apa yang mereka ada-adakan.

Kontradiksi:
Q 6:34, 6:115 menyatakan tiada seorang pun yang dapat mengganti firman Allah.
--------------------

Q 6:115 menyatakan Qur’an sebagai kalimat Tuhan yang benar dan sempurna; tiada seorang pun yang dapat merubah Qur’an.
Q 6:115
Telah sempurnalah kalimat Tuhanmu (Al Qur'an, sebagai kalimat yang benar dan adil. Tidak ada yang dapat merubah-rubah kalimat-kalimat-Nya dan Dia-lah yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.


Kontradiksi:
Q 2:106, 16:101 menyatakan Allah membatalkan dan mengganti ayat² Qur’an.
--------------------

Q 6:128 menyatakan bahwa di hari kematian, para jin menyesatkan banyak manusia; manusia² sesat lalu minta ampun pada Allah, tapi Allah akan mengirim mereka ke neraka Islam, kecuali jika Allah berkehendak lain.
Q 6:128
Dan (ingatlah) hari di waktu Allah menghimpunkan mereka semuanya, (dan Allah berfirman): "Hai golongan jin (setan), sesungguhnya kamu telah banyak (menyesatkan) manusia", lalu berkatalah kawan-kawan mereka dari golongan manusia: "Ya Tuhan kami, sesungguhnya sebahagian daripada kami telah dapat kesenangan dari sebahagian (yang lain) dan kami telah sampai kepada waktu yang telah Engkau tentukan bagi kami". Allah berfirman: "Neraka itulah tempat diam kamu, sedang kamu kekal di dalamnya, kecuali kalau Allah menghendaki (yang lain)". Sesungguhnya Tuhanmu Maha Bijaksana lagi Maha Mengetahui.

Kontradiksi:
Q 2:167 menyatakan mereka tidak akan keluar dari api neraka Islam.
Q 2:167
Dan berkatalah orang-orang yang mengikuti: "Seandainya kami dapat kembali (ke dunia), pasti kami akan berlepas diri dari mereka, sebagaimana mereka berlepas diri dari kami." Demikianlah Allah memperlihatkan kepada mereka amal perbuatannya menjadi sesalan bagi mereka; dan sekali-kali mereka tidak akan ke luar dari api neraka.
--------------------

Q 6:130 menyatakan Allah mengirim manusi dan jin sebagai rasul² bagi golongan masing².
Q 6:130
Hai golongan jin dan manusia, apakah belum datang kepadamu rasul-rasul dari golongan kamu sendiri, yang menyampaikan kepadamu ayat-ayat Ku dan memberi peringatan kepadamu terhadap pertemuanmu dengan hari ini? Mereka berkata: "Kami menjadi saksi atas diri kami sendiri", kehidupan dunia telah menipu mereka, dan mereka menjadi saksi atas diri mereka sendiri, bahwa mereka adalah orang-orang yang kafir.

Kontradiksi:
Q 12:109 menyatakan Allah hanya mengirim manusia sebagai rasul²Nya.
Q 12:109
Kami tidak mengutus sebelum kamu, melainkan orang laki-laki yang Kami berikan wahyu kepadanya di antara penduduk negeri. Maka tidakkah mereka bepergian di muka bumi lalu melihat bagaimana kesudahan orang-orang sebelum mereka (yang mendustakan rasul) dan sesungguhnya kampung akhirat adalah lebih baik bagi orang-orang yang bertakwa. Maka tidakkah kamu memikirkannya?

Kontradiksi:
Q 27:82 menyatakan Allah juga mengirim sejenis binatang melata sebagai Rasul bagi manusia.
Q 27:82
Dan apabila perkataan telah jatuh atas mereka, Kami keluarkan sejenis binatang melata dari bumi yang akan mengatakan kepada mereka, bahwa sesungguhnya manusia dahulu tidak yakin kepada ayat-ayat Kami.

Kontradiksi:
Q 35:1 menyatakan Allah juga mengirim malaikat² sebagai utusan²Nya.
Q 35:1
Segala puji bagi Allah Pencipta langit dan bumi, Yang menjadikan malaikat sebagai utusan-utusan (untuk mengurus berbagai macam urusan) yang mempunyai sayap, masing-masing (ada yang) dua, tiga dan empat. Allah menambahkan pada ciptaan-Nya apa yang dikehendaki-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.
--------------------

Q 6:131 menyatakan Allah tidak akan menghancurkan sebuah kota karena penduduknya (yakni rasulNya – tafsir ibn Kathir) berada di kota itu.
Q 6:131
Yang demikian itu adalah karena Tuhanmu tidaklah membinasakan kota-kota secara aniaya, sedang penduduknya dalam keadaan lengah.

Kontradiksi:
Q 17:16 menyatakan Allah menghancurkan sebuah kota setelah memperingatkan penduduknya.
Q 17:16
Dan jika Kami hendak membinasakan suatu negeri, maka Kami perintahkan kepada orang-orang yang hidup mewah di negeri itu (supaya menaati Allah) tetapi mereka melakukan kedurhakaan dalam negeri itu, maka sudah sepantasnya berlaku terhadapnya perkataan (ketentuan Kami), kemudian Kami hancurkan negeri itu sehancur-hancurnya.
 
  Sura 7: al-Araf (Ketinggian)

Q 7:20 menyatakan Setan membisikkan pikiran jahat pada Hawa untuk melanggar larangan Allâh.
Q 7:20
Maka setan membisikkan pikiran jahat kepada keduanya untuk menampakkan kepada keduanya apa yang tertutup dari mereka yaitu auratnya dan setan berkata: "Tuhan kamu tidak melarangmu dari mendekati pohon ini, melainkan supaya kamu berdua tidak menjadi malaikat atau tidak menjadi orang yang kekal (dalam surga)".

Kontradiksi:
Q 20:120 menyatakan Setan membisikkan pikiran jahat hanya pada Adam saja akan pohon keabadian.
Q 20:120
Kemudian setan membisikkan pikiran jahat kepadanya, dengan berkata: "Hai Adam, maukah saya tunjukkan kepada kamu pohon khuldi dan kerajaan yang tidak akan binasa?"
-------------------

Q 7:54 menyatakan Allâh menciptakan surga (pertama-tama) dan (lalu) bumi dalam waktu 6 hari, dan dia lalu bersemayam di singgasananya.
Q 7:54
Sesungguhnya Tuhan kamu ialah Allâh yang telah menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, lalu Dia bersemayam di atas Arasy. Dia menutupkan malam kepada siang yang mengikutinya dengan cepat, dan (diciptakan-Nya pula) matahari, bulan dan bintang-bintang (masing-masing) tunduk kepada perintah-Nya. Ingatlah, menciptakan dan memerintah hanyalah hak Allâh. Maha Suci Allâh, Tuhan semesta alam.

Kontradiksi:
Q 41:9-12 menyatakan Allâh menciptakan bumi (dalam waktu 2 hari), gunung² (4 hari), dan surga (2 hari), jadi total 8 hari.
Q 41:9-12
[9] Katakanlah: "Sesungguhnya patutkah kamu kafir kepada Yang menciptakan bumi dalam dua masa dan kamu adakan sekutu-sekutu bagi-Nya? (Yang bersifat) demikian itulah Tuhan semesta alam".
[10] Dan Dia menciptakan di bumi itu gunung-gunung yang kokoh di atasnya. Dia memberkahinya dan Dia menentukan padanya kadar makanan-makanan (penghuni) nya dalam empat masa. (Penjelasan itu sebagai jawaban) bagi orang-orang yang bertanya.
[11] Kemudian Dia menuju langit dan langit itu masih merupakan asap, lalu Dia berkata kepadanya dan kepada bumi: "Datanglah kamu keduanya menurut perintah-Ku dengan suka hati atau terpaksa". Keduanya menjawab: "Kami datang dengan suka hati".
[12] Maka Dia menjadikannya tujuh langit dalam dua masa dan Dia mewahyukan pada tiap-tiap langit urusannya. Dan Kami hiasi langit yang dekat dengan bintang-bintang yang cemerlang dan Kami memeliharanya dengan sebaik-baiknya. Demikianlah ketentuan Yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui.

Kontradiksi:
Q 79:27-30 menyatakan Allâh pertama-tama menciptakan surga
Q 79:27-30
[27] Apakah kamu yang lebih sulit penciptaannya ataukah langit? Allâh telah membangunnya,
[28] Dia meninggikan bangunannya lalu menyempurnakannya,
[29] dan Dia menjadikan malamnya gelap gulita dan menjadikan siangnya terang benderang.
[30] Dan bumi sesudah itu dihamparkan-Nya.

Kontradiksi:
Q 2:117 menyatakan Allâh menciptakan semuanya secara instan.
Q 2:117
Allâh Pencipta langit dan bumi, dan bila Dia berkehendak (untuk menciptakan) sesuatu, maka (cukuplah) Dia hanya mengatakan kepadanya: "Jadilah". Lalu jadilah ia.
-------------------

Q 7:77 menyatakan orang² membunuh unta betina dan menantang Saleh untuk mendatangkan ancaman Allâh.
Q 7:77
Kemudian mereka sembelih unta betina itu, dan mereka berlaku angkuh terhadap perintah Tuhan. Dan mereka berkata: "Hai Saleh, datangkanlah apa yang kamu ancamkan itu kepada kami, jika (betul) kamu termasuk orang-orang yang diutus (Allâh)".

Kontradiksi:
Q 54:29 menyatakan seseorang mengambil pedang dan membunuh unta betina itu.
Q 54:29
Maka mereka memanggil kawannya, lalu kawannya menangkap (unta itu) dan membunuhnya.
-------------------

Q 7:82 menyatakan bahwa masyarakat Lot ingin mengusirnya dan keluarganya (anak² Lot yakni Za’ura dan Raytha – demikian tafsir dari ibn Abbas) keluar dari kota mereka. (Ibn Kathir menjelaskan bahwa masyarakat Lot bersikap menghina terhadap keluarga Lot karena mereka tidak melakukan hubungan seks lewat anus)
Q 7:82
Jawab kaumnya tidak lain hanya mengatakan: "Usirlah mereka (Lut dan pengikut-pengikutnya) dari kotamu ini; sesungguhnya mereka adalah orang-orang yang berpura-pura menyucikan diri."

Kontradiksi:
Q 29:29 menyatakan bahwa masyarakat itu mati karena dosa mereka menantang Lot untuk menimpakan murka Allâh terhadap mereka.
Q 29:29
Apakah sesungguhnya kamu patut mendatangi laki-laki, menyamun dan mengerjakan kemungkaran di tempat-tempat pertemuanmu? Maka jawaban kaumnya tidak lain hanya mengatakan: "Datangkanlah kepada kami azab Allâh, jika kamu termasuk orang-orang yang benar".
Lut berdoa: "Ya Tuhanku, tolonglah aku (dengan menimpakan azab) atas kaum yang berbuat kerusakan itu".

-------------------

Q 7:127 menyatakan bahwa pembesar² Firaun ingin tahu apakah dia akan mengijinkan Musa mengacau dan membiarkan orang² meninggalkan tuhan² mereka. Firaun memerintahkan untuk membunuh anak laki bani Israel dan membiarkan anak² perempuan mereka hidup.
Q 7:127
Berkatalah pembesar-pembesar dari kaum Firaun (kepada Firaun): "Apakah kamu membiarkan Musa dan kaumnya untuk membuat kerusakan di negeri ini (Mesir) dan meninggalkan kamu serta tuhan-tuhanmu?". Firaun menjawab: "Akan kita bunuh anak-anak lelaki mereka dan kita biarkan hidup perempuan-perempuan mereka dan sesungguhnya kita berkuasa penuh di atas mereka".

Kontradiksi:
Q 28:38 menyatakan bahwa Firaun adalah satu²nya Tuhan bagi masyarakatnya. Mereka hanya menyembah Firaun dan tidak tuhan² yang lain.
Q 28:38
Dan berkata Firaun: "Hai pembesar kaumku, aku tidak mengetahui tuhan bagimu selain aku. Maka bakarlah hai Haman untukku tanah liat, kemudian buatkanlah untukku bangunan yang tinggi supaya aku dapat naik melihat Tuhan Musa, dan sesungguhnya aku benar-benar yakin bahwa dia termasuk orang-orang pendusta".
-------------------

Q 7:136 menyatakan Allâh menghukum Firaun dan tentaranya dengan menenggelamkan mereka di laut.
Q 7:136
Kemudian Kami menghukum mereka, maka Kami tenggelamkan mereka di laut disebabkan mereka mendustakan ayat-ayat Kami dan mereka adalah orang-orang yang melalaikan ayat-ayat Kami itu.

Kontradiksi:
Q 10:92 menyatakan Allâh mengampuni dan menyalamatkan Firaun, dan membuat mayatnya jadi simbol bagi keturunan manusia berikutnya.
Q 10:92
Maka pada hari ini Kami selamatkan badanmu supaya kamu dapat menjadi pelajaran bagi orang-orang yang datang sesudahmu dan sesungguhnya kebanyakan dari manusia lengah dari tanda-tanda kekuasaan Kami.

Kontradiksi:
Q 10:90 menyatakan Firaun jadi mualaf dan memeluk Islam.
Q 10:90
Dan Kami memungkinkan Bani Israel melintasi laut, lalu mereka diikuti oleh Firaun dan bala tentaranya, karena hendak menganiaya dan menindas (mereka); hingga bila Firaun itu telah hampir tenggelam berkatalah dia: "Saya percaya bahwa tidak ada Tuhan melainkan Tuhan yang dipercayai oleh Bani Israel, dan saya termasuk orang-orang yang berserah diri (kepada Allâh)".
-------------------

Q 7:137 menyatakan Allâh memberikan pada bani Israel negeri di tanah bagian Timur (Mesir – tafsir ibn Kathir) dan barat (Syria – tafsir ibn Kathir).
Q 7:137
Dan Kami pusakakan kepada kaum yang telah ditindas itu, negeri-negeri bahagian timur bumi dan bahagian baratnya yang telah Kami beri berkah padanya. Dan telah sempurnalah perkataan Tuhanmu yang baik (sebagai janji) untuk Bani Israel disebabkan kesabaran mereka. Dan Kami hancurkan apa yang telah dibuat Firaun dan kaumnya dan apa yang telah dibangun mereka.

Kontradiksi:
Q 2:58 dan Q 5:21 menyatakan bahwa Allâh memberi bani Israel tanah Palestina dan Yerusalem.
Q 2:58
Dan (ingatlah), ketika Kami berfirman: "Masuklah kamu ke negeri ini (Baitulmakdis), dan makanlah dari hasil buminya, yang banyak lagi enak di mana yang kamu sukai, dan masukilah pintu gerbangnya sambil bersujud, dan katakanlah: "Bebaskanlah kami dari dosa", niscaya Kami ampuni kesalahan-kesalahanmu. Dan kelak Kami akan menambah (pemberian Kami) kepada orang-orang yang berbuat baik".

Q 5:21
Hai kaumku, masuklah ke tanah suci (Palestina) yang telah ditentukan Allâh bagimu, dan janganlah kamu lari ke belakang (karena takut kepada musuh), maka kamu menjadi orang-orang yang merugi.
-------------------

Q 7:143 menyatakan Allâh bicara langsung pada Musa, tapi tanpa melihat wajahNya; ketika Musa melihat ke gunung tempat Allâh bersembunyi, gunung itu lalu hancur dan Musa pun pingsan; Musa adalah Muslim yang pertama.
Q 7:143
Dan tatkala Musa datang untuk (munajat dengan Kami) pada waktu yang telah Kami tentukan dan Tuhan telah berfirman (langsung) kepadanya, berkatalah Musa: "Ya Tuhanku, nampakkanlah (diri Engkau) kepadaku agar aku dapat melihat kepada Engkau". Tuhan berfirman: "Kamu sekali-kali tidak sanggup melihat-Ku, tapi lihatlah ke bukit itu, maka jika ia tetap di tempatnya (sebagai sediakala) niscaya kamu dapat melihat-Ku". Tatkala Tuhannya menampakkan diri kepada gunung itu, dijadikannya gunung itu hancur luluh dan Musa pun jatuh pingsan. Maka setelah Musa sadar kembali, dia berkata: "Maha Suci Engkau, aku bertobat kepada Engkau dan aku orang yang pertama-tama beriman".

Kontradiksi: Q 2:37 menyatakan bahwa Adam adalah Muslim yang pertama.
Kontradiksi: Q 131, 3:67 menyatakan bahwa Ibrahim adalah Muslim yang pertama.
Kontradiksi: Q 6:14 menyatakan bahwa Muhammad adalah Muslim yang pertama.
Kontradiksi: Q 26:51 menyatakan bahwa beberapa orang Mesir adalah Muslim yang pertama.
-------------------

Q 7:152 menyatakan orang yang menyembah anak lembu akan menerima murka Allâh.
Q 7:152
Sesungguhnya orang-orang yang menjadikan anak lembu (sebagai sembahannya), kelak akan menimpa mereka kemurkaan dari Tuhan mereka dan kehinaan dalam kehidupan di dunia. Demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang membuat-buat kebohongan.

Kontradiksi: Q 2:52 menyatakan Allâh mengampuni mereka.
Kontradiksi: Q 2:63 menyatakan Allâh menakut-nakuti Bani Israel dengan cara mengangkat Gunung Sinai ke atas mereka.
-------------------

Q 7:179 menyatakan Allâh menciptakan banyak manusia dan jin untuk jadi isi neraka, mereka lebih sesat daripada binatang ternak.
Q 7:179
Dan sesungguhnya Kami jadikan untuk isi neraka Jahanam kebanyakan dari jin dan manusia, mereka mempunyai hati, tetapi tidak dipergunakannya untuk memahami (ayat-ayat Allâh) dan mereka mempunyai mata (tetapi) tidak dipergunakannya untuk melihat (tanda-tanda kekuasaan Allâh), dan mereka mempunyai telinga (tetapi) tidak dipergunakannya untuk mendengar (ayat-ayat Allâh). Mereka itu sebagai binatang ternak, bahkan mereka lebih sesat lagi. Mereka itulah orang-orang yang lalai.

Kontradiksi:
Q 51:56 menyatakan Allâh menciptakan manusia dan jin hanya untuk menyembahnya.
Q 51:56
Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku.

Kontradiksi:
Q 35:15 menyatakan Allâh tidak butuh manusia; Dia bebas dari segala kebutuhan.
Q 35:15
Hai manusia, kamulah yang berkehendak kepada Allâh; dan Allâh Dia-lah Yang Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) lagi Maha Terpuji.